Pimpinan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

DESKRIPSI PROGRAM STUDI

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP-PGRI Pontianak merupakan salah satu dari 11 program studi yang ada di lingkungan IKIPPGRI Pontianak. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP-PGRI Pontianak didirikan pada tanggal 18 Agustus 2009 berdasarkan SK pendirian Prodi No. 1390/D/T/2009 yang ditandatangani oleh Menteri Pendidikan Nasional pada tahun 2009. Pendirian Program Studi ini merupakan salah satu wujud dari kepedulian IKIP-PGRI Pontianak terhadap dunia pendidikan di Kalimantan Barat seiring dengan laju pembangunan di Indonesia dan perubahan masyarakat.Kepedulian ini mendasari Visi dan Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris untuk pembangunan masyarakat, terutama masyarakat Kalimantan Barat. Dalam perkembangan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris selama ini, komponen mahasiswa senantiasa menjadi variabel yang banyak menentukan proses pengembangan program studi. Sebagai bidang studi yang cukup diminati, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP-PGRI Pontianak terus berupaya untuk meningkatkan kualitas lulusan. Peningkatan kualitas lulusan terus dilakukan dengan penyempurnaan kurikulum program studi yang berorientasi pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang menjadi keharusan setiap institusi perguruan tinggi berdasarkan keputusan Permendikbud No. 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

VISI

Mewujudkan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang unggul, berkarakter, dan berdaya saing di tingkat nasional dan di tingkat Asia Tenggara dalam menghasilkan lulusan berupa tenaga pendidik yang profesional, mandiri, dan berkarakter pada tahun 2045.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang unggul dengan berorientasi pada keprofesionalan dan kemandirian mahasiswa dalam mengembangka npotensinya agar dapat menjadi calon tenaga pendidik dan non-kependidikan Bahasa Inggris yang profesional, mandiri, dan berkarakter pula.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk meningkatkan wawasan, ilmu pengetahuan, dan keahlian didalam dunia Pendidikan Bahasa Inggris dan isu-isu yang relevan dengan bidang ilmu Bahasa Inggris.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penerapan ilmu pengetahuan, keterampilan, teknologi, dan seni dalam bidang pendidikan, pengajaran, dan isu-isu yang relevan dengan bidang ilmu Bahasa Inggris.
  4. Membangun Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang dinamis dan sehat dalam rangka penguatan tata kelola ProgramStudi yang partisipatif, transparan, akuntabel, bermoral dan religius.
  5. Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah dan non-pemerintah dalam upaya mengembangkan Program Studi dan lulusan dalam upaya penerapan dan pengembangan keilmuan bidang Pendidikan Bahasa Inggris.

KOMPETENSI PROGRAM STUDI

Kompetensi Utama Lulusan

Lulusan mempunyai kemampuan menjadi Pendidik, Peneliti, dan Praktisi Pendidikan Bahasa Inggris yang profesional, mandiri, dan berkarakter.

Kompetensi Pedagogis

  • Mampu menggunakan konsep, membedakan, dan melakukan simulasi metodologi dan media pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris
  • Mampu menelaah dan mengembangkan kurikulum dan materi pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah sesuai kebutuhan masyarakat
  • Mampu merancang perangkat pembelajaran Bahasa Inggris
  • Mampu memberikan penilaian sesuai dengan kaidahnya dan mengevaluasi hasil dan proses pembelajaran Bahasa Inggris
  • Mampu menjelaskan dan mengembangkan konsep dasar ilmu pendidikan dan dasar-dasar bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris
  • Mampu menjelaskan dan mengembangkan konsep belajar dan pembelajaran serta profesi kependidikan
  • Mampu mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar di sekolah dan masyarakat berdasarkan kajian keilmuan dan pendidikan Bahasa Inggris
  • Mampu menghubungkan teori, konsep, struktur/pola dan prinsip belajar yang mendukung penelitian bidang ilmupendidikan Bahasa Inggris dan kebahasa-Inggris-an
  • Mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris dan isu-isu yang relevan dengan bidang ilmu Bahasa Inggris
  • Mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris dan penelitian dalam bidang ilmupendidikan Bahasa Inggris dan kebahasa-Inggris-an.

Kompetensi Kepribadian

  • Mampu menumbuhkan sikap beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Mampu menumbuhkan sikap sebagai warga negara yang baik dan cinta terhadap tanah air
  • Mampumemiliki sikap komitmen, bijaksana, dan bertanggungjawab terhadap pekerjaan/tugas sebagai pendidik, peneliti, maupun praktisi Bahasa Inggris
  • Mampu bekerja sama dalam teamwork dengan baik dalam menyelesaikan pekerjaan/tugas sebagai pendidik, peneliti, maupun praktisi Bahasa Inggris
  • Mampu memahami, menghargai, dan menghormati keragaman sosial-budaya, agama, pendapat dan cara pandang orang lain
  • Mampu menunjukkan semangat daya juang dan kewirausahaan
  • Mampu memiliki rasa peduli, peka, dan mau berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat
  • Mampu menunjukkan sikap kepribadian yang jujur, beretika, berakhlak mulia, dan menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat
  • Mampu memiliki sikap adaptif terhadap perkembangan jaman

Kompetensi Sosial

  • Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat
  • Memahami perkembangan sosial dalam berkehidupan bermasyarakat
  • Mampu menganalisis perkembangan isu-isu dalam bidang ilmu pendidikan dan Bahasa Inggris
  • Mampu mengkomunikasikan hasil kajian analisis isu-isu dalam bidang ilmu pendidikan dan Bahasa Inggris
  • Mampu mengimplementasikan hasil penelitian dalam pembelajaran Bahasa Inggris
  • Mampu mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah dari hasil penelitian.

Kompetensi Profesional

  • Mampu menjelaskan dan mengembangkan konsep dan struktur/pola komponen Bahasa Inggris
  • Mampu menjelaskan, membedakan dan mengembangkan konsep, struktur dan pola pikir ilmu Bahasa Inggris (linguistik)
  • Mampu membuat hubungan antara penguasaan ilmu kesusasteraan dengan pengembangan keilmuan dan keterampilan berbahasa Inggris
  • Mampu meningkatkan keterampilan menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, baik yang berupa receptive skill maupun productive skill terkait dengan pengembangan bidang keilmuan
  • Mampu menentukan metodologi yang paling sesuai dengan penelitian yang hendak dilakukan
  • Mampu menggunakan berbagai teknologi informasi dalam pengolahan data dan pengambilan kesimpulan hasil penelitian
  • Mampu melakukan penelitian untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran Bahasa Inggris. Ped
  • Mampu membuat artikel ilmiah dari hasil penelitian
  • Mampu menghasilkan media atau perangkat pembelajaran dari hasil penelitian dan menggunakannya dalam proses pembelajaran. Ped
  • Mampu mengambil keputusan dan bekerja sama untuk menyelesaikan masalah dari hasil penelitian. SOS
  • Mampu memiliki sikap yang jujur dalam melakukan penelitian dan dapat mempertanggungjawabkannya. PRIB
  • Mampu mempublikasikan hasil penelitian pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris dalam jurnal nasional dan/atau internasional
  • Mampu menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan benar dalam menulis sebuah karya ilmiah
  • Mampu menganalisis pembaharuan bidang kajian kebahasa-Inggris-an dalam menyelesaikan masalah
  • Mampu menguasai prinsip-prinsip dasar pembelajaran Bahasa Inggris yang dapat dimanfaatkan untuk mengaplikasikan kemampuan berbahasa inggris di masyarakat
  • Mampu menguasai varian Bahasa Inggris menurut pemakaiannya
  • Mampu menganalisis bunyi, bentuk, makna serta struktur kata, frase atau kalimat
  • Mampu menganalisis hubungan bidang ilmu bahasa Inggris dengan bidang ilmu lainnya
  • Mampu menganalisis dan mengembangkan gaya bahasa, kedudukan, dan fungsi serta mampu melakukan pengkajian karya sastra

Kompetensi Pendukung Lulusan

  • Mampu menjelaskan sejarah perjuangan dan menjiwai semangat ke-PGRI-an
  • Mampu mengintegrasikan kearifan budaya lokal dalam pembelajaran, penelitian dan praktik Bahasa Inggris
  • Mengembangkan jiwa kewirausahaan dalam bidang keilmuan Bahasa Inggris
  • Mampu memahami organisasi dan profesi kependidikan
  • Mengembangkan potensi diri secara mandiri dan kelompok dalam penelitian ilmiah

LEARNING OUTCOME

Deskriptor Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
Capaian Pembelajaran (Learning Outcome) Penguasan Pengetahuan
  1. Mampu menguasai bahasa Inggris minimal untuk menciptakan komunikasi baik lisan maupun tertulis secara lancar, akurat, efektif, dan berterima
  2. Mampu menguasai konsep-konsep dan teori dasar komponen keterampilan berbahasa Inggris.
  3. Mampu menguasai konsep dasar linguistik (pengetahuan tentang kebahasaan).
  4. Menguasai konsep dasar budaya dan sastra Inggris.
  5. Mampu menguasai teknologi informasi untuk pendidikan, pembelajaran dan penelitian Bahasa Inggris.
  6. Mampu menguasai materi-materi Bahasa Inggris sekolah dasar dan menengah.
  7. Mampu menguasai ilmu pendidikan dan metodologi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris yang meliputi pengelolaan dan pengembangan kurikulum, perencanaan, penerapan, dan evaluasi pembelajaran.
  8. Menguasai karakteristik peserta didik, baik dalam hal fisik, psikologi, sosial, maupun budaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris secara optimal.
  9. Menguasai teori dasar psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan
  10. Mampu menguasai prinsip-prinsip dasar penelitian dalam bidang Bahasa Inggris.
Deskriptor Keterampilan
  1. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
  2. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  3. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) Keterampilan dibidang kerja
KETERAMPILAN UMUM
  1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukanjenis pekerjaan spesifik, di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensikerja bidang yang bersangkutan.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan danmenerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkanprototype, prosedur baku, desain atau karya seni.
  4. Mampu menyusun hasil kajian tersebut dalam bentuk kertas kerja, sepesifikasi desain, atauesai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, dan persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerjasama didalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yangberada di bawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawahtanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
KETERAMPILAN KHUSUS
  1. Mampu menggunakan, membedakan dan mengembangkan konsep dasar ilmu pendidikan Bahasa Inggris.
  2. Mampu melakukan penelitian untuk mengevaluasi pembelajaran Bahasa Inggris melalui berbagai pendekatan penelitian.
  3. Mampu merencanakan, mengimplementasikan dan mengevaluasi proses pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah maupun masyarakat sesuai standar nasional pendidikan dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni berdasarkan kearifan budaya lokal.
  4. Mampu melaksanakan proses pembelajaran bahasa Inggris dengan mendesain, membuat, dan memanfaatkan berbagai media pembelajaran dan TIK untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif, kreatif dan berpusat pada siswa.
  5. Mampu memberikan layanan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik.
  6. Mampu melakukan penelitian dalam bidang ilmupendidikan Bahasa Inggris dan kebahasa-Inggris-andan mengkaji data empirisnya secara kritis dan analitis.
  7. Mampu menulis karya ilmiah atau penelitian sederhana dan mendiseminasikan karya akademik dalam forum ilmiah.
  8. Mampu menjelaskan sejarah perjuangan dan menjiwai semangat ke-PGRI-an.
  9. Mampu mengintegrasikan kearifan budaya lokal dalam pembelajaran, penelitian dan praktik Bahasa Inggris.
  10. Mampu mengembangkan jiwa kewirausahaan dalam bidang keilmuan Bahasa Inggris.
  11. Mampu menjelaskan organisasi dan profesi kependidikan.