Pimpinan Program Studi Pendidikan Matematika

DESKRIPSI PROGRAM STUDI

Program Studi Pendidikan Matematika merupakan salah satu dari 11 program studi yang ada di lingkungan IKIP-PGRI Pontianak. Program Studi Pendidikan Matematika didirikan pada tahun 1981, Berdasarkan SK Pendirian Nomor16/a/1981dimulai pada bulan oktober tahun 1981 dengan nomor SK Izin Operasional 2546/D/T/2005. Penyelengggaraan Prodi ini merupakan salah satu wujud dari kepedulian IKIP PGRI Pontianak terhadap permasalahan yang ada di sekolah maupun luar sekolah seiring dengan laju pembangunan di Indonesia dan perubahan masyarakat. Kepedulian ini menjadi landasan Visi dan Misi Program Studi Pendidikan Matematika untuk pembangunan masyarakat, khususnya masyarakat Provinsi Kalimantan Barat. Dalam perkembangan Program Studi Pendidikan Matematika selama ini, komponen mahasiswa senantiasa menjadi variabel yang banyak menentukan proses pengembangan program studi. Pendidikan Matematika merupakan bidang studi yang cukup diminati.
Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak terus berupaya untuk meningkatkan kualitas lulusan. Peningkatan kualitas dilakukan dengan penyempurnaan kurikulum program studi yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (SN Dikti) yang menjadi keharusan setiap institusi perguruan tinggi berdasarkan keputusan Permendikbud Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

VISI

Terwujudnya Program Studi yang unggul dan berdaya saing sebagai rujukan Tri Dharma Perguruan Tinggi Bidang Pendidikan Matematika pada tahun 2045.

MISI

  1. Menyiapkan calon pendidik dan tenaga kependidikan matematika yang berprestasi, kreatif, unggul, profesional dan berdaya saing secara nasional.
  2. Mengembangkan penelitian bidang pendidikan matematika yang inovatif dan mutakhir sebagai landasan proses pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis hasil penelitian pendidikan matematika.
  4. Membangun kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga lain bagi dunia pendidikan.
  5. Memberdayakan semua sumber daya yang dimiliki dengan memanfaatkan rekayasa teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

KOMPETENSI PROGRAM STUDI

Kompetensi Utama Lulusan

Mahasiswa lulusan mempunyai kemampuan menjadi Pendidik Matematika yang profesional, Peneliti Pendidikan Matematika:

Kompetensi Pedagogis

  • Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika disekolah sesuai standar nasional pendidikan dengan memanfaatkan IPTEKS berdasarkan kearifan budaya lokal.
  • Mampu mendiagnosa kesulitan peserta didik dalam belajar matematika serta memberikan solusi dengan berbagai metode pembelajaran baik secara tutorial individu maupun kelompok.
  • Mampu mengembangkan perangkat pembelajaraan matematika
  • Mampu menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi komputer (ICT) pada pembelajaran Matematika
  • Mampu membuat media dan atau alat peraga sebagai penunjang sarana pembelajaran pendidikan matematika.

Kompetensi Kepribadian

  • Menumbuhkan sikap beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan cinta tanah air
  • Memiliki sikap komitmen dalam menyelesaikan pekerjaan/tugas sebagai pendidik matematika
  • Memiliki sikap tanggung jawab terhadap pekerjaan/tugas sebagai pendidik Matematika
  • Dapat bekerja sama dalam team work dengan baik dalam menyelesaikan pekerjaan/tugas sebagai pendidik matematika.

Kompetensi Sosial

  • Lulusan mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
  • Peka dan memahami karakteristik sosial budaya dan kearifan lokal.
  • Mampu berkomunikasi secara ilmiah.

Kompetensi Profesional

  • Menguasai konsep-konsep, hukum, dalil dan teori dasar matematika.
  • Menguasai konsep-konsep, hukum, dalil dan teori matematika lanjut.
  • Mampu mengaitkan ilmu antar matematikadengan bidang ilmu lainnya dalam rumpun ke-MIPA-an.
  • Menguasai materi-materi matematika sekolah menengah.
  • Menguasai berbagai metodologi penelitian pendidikan.
  • Menguasai teknologi informasi dan komputer (ICT) untuk pendidikan dan pembelajaran, serta penelitian.

Kompetensi Pendukung Lulusan

  • Mampu mengembangkan jiwa kewirausahaan.
  • Mampu memahami organisasi dan profesi keguruan.

LEARNING OUTCOME

Sikap
  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  • Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negaradan bangsa
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;dan
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
  • Menguasai konsep dan prinsip keilmuan matematika yang akan mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik matematika, studi lanjut, atau menjadi pembelajar sepanjang hayat;
  • Menguasai konsep dan prinsip didaktik-pedagogik pendidikan matematika yang akan mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik matematika, studi lanjut, atau menjadi pembelajar sepanjang hayat;
  • Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran matematika, menguasai metodologi penelitian pendidikan matematika yang akan mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik matematika, studi lanjut, atauan menjadi pembelajar sepanjang hayat;
  • Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi informasi, komunikasi, dan komputer yang relevan dalam pembelajaran matematika yang akan mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik matematika, studi lanjut, atau menjadi pembelajar sepanjang hayat;
Keterampilan Umum
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  • Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis data;
  • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat di dalam maupun di luar lembaganya;
  • Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Keterampilan Khusus
  • Mampu melaksanakan pekerjaan secara profesional di bidang pendidikan matematika dan mempertanggungjawabkan pencapaian yang diperoleh pada institusi atau organisasi;
  • Mampu merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika secara inovatf dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik matematik dan keilmuan matematika serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup sepanjang hayat;
  • Mampu dan cakap mengambil keputusan yang tepat dan profesional berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data, serta dapat memilih berbagai solusi alternatf secara mandiri dan kelompok dalam memecahkan persoalan pembelajaran dan layanan perkembangan peserta didik yang dihadapinya sesuai dengan konteks untuk memperoleh hasil pembelajaran yang terbaik dan perkembangan peserta didik dengan optmal;
  • Mampu menyelesaikan masalah pendidikan matematika berbasis penelitian dan mempublikasikan hasil penelitiannya, serta beradaptasi dengan situasi yang dihadapi melalui implementasi model, pendekatan, dan teknik pembelajaran yang relevan;
  • Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, atau lembaga pendidikan yang dipercayakan kepadanya dengan penuh tanggungjawab;
  • Menguasai konsep dan prinsip didaktk-pedagogik pendidikan matematika, serta keilmuan matematika untuk mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik matematika serta untuk pengembangan diri secara berkelanjutan;