Mutu perguruan tinggi, salah satunya ditentukan oleh kualitas pengajar. Untuk mengetahui kualitas, standar penilaiannya adalah kepemilikan sertifikasi dosen (serdos). Serdos adalah proses pemberian sertifikat pendidik. Program ini merupakan upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional, dan memperbaiki kesejahteraan, dengan mendorong  untuk secara berkelanjutan meningkatkan profesionalismenya. Pemimpin perguruan tinggi atau kopertis berperan sebagai pengusul, dengan kewajiban melaksanakan ketentuan tentang persyaratan peserta Tes. Salah satu penilaian sertifiasi tersebut ternyata ada beberapa syarat tambahan, seperti Test of English Proficiency (TOEP) yang terdiri dari Listening (50 butir soal) dan Reading (50 butir soal) dan Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA) 160 soal. Tes tersebut yaitu TKDA dan TOEP adalah tes potensi akademik untuk mengukur kemampuan  sebab  adalah tenaga pendidik yang profesional yang wajib mengembangkan, mentransformasikan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dalam bidangnya. Selain untuk keperluan persyaratan sertifikasi dosen, TOEP dan TPDA digunakan untuk Seleksi Beasiswa dan Persyaratan Mahasiswa.. Oleh karena itu, sejak tahun 2020, IKIP PGRI Pontianak bekerjasama dengan Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) untuk menyelenggarakan TOEP dan TPDA. Penyelenggaraan tes TPDA dan TOEP Periode Reguler Januari 2020 pada PLT. IKIP PGRI Pontianak (PLT. 87) merupakan pelaksanaan tes yang pertama kalinya.

  1. DASAR HUKUM
  2. UU No. 14/2005 Tentang Guru dan Dosen
  3. PP No. 37/2009 Tentang Dosen
  4. Permenristekdikti No.51 Tentang Sertifikasi Pendidik untuk Dosen
  5. UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
  6. UU No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi
  7. Peraturan Pemerintan No. 4 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi
  8. PENYELENGGARA KEGIATAN

Kegiatan ­ Tes  TOEP dan TPDA ini di selenggarakan oleh IKIP PGRI Pontianak bekerja sama dengan Pusat Layanan Test Indonesia (PLTI).

  • TEMPAT

Dilaksanakan setiap periode tes yang berlokasi di Laboratorium Komputer. Jalan Prof M. Yamin, Jalan Ilham Pontianak, Kalimantan Barat.

  • PENGELOLA

Penyelenggaraan TOEP dan TPDA ini di kelola oleh UPT Laboratorium Bahasa. Untuk informasi lebih lanjut dan bila ada pertanyaan mengenai TOEP dan  TPDA silakan join ke grup telegram berikut:  https://t.me/pltiikippgriptk

  • Hal-hal yang sering ditanyakan

Pertanyaan      : Bagaimana caranya jika ingin mengikuti tes TOEP atau TKDA di PLTI?

Jawaban       : Setiap peserta harus memiliki akun terlebih dahulu untuk bisa mengikuti tes. Setiap peserta cukup memiliki satu akun saja, meskipun akan mengikuti tes yang berbeda, dan berkali-kali.

Pertanyan     :    Bagaimana cara mmbuat akun member PLTI?

  Jawaban        :  Untuk membuat akun, silahkan msg2 peserta mendaftarkan diri pada alamat member.plti.co.id. Pilih/klik DAFTAR SEKARANG. isikan username, dan email, dan password. Untuk username bisa pakai kombinasi huruf dan/atau angka, tanpa spasi. Misalnya: yosauny. Jika gagal, kemungkinan karena ada spasi atau tanda baca, atau karena username tersebut sudah digunakan orang lain. Silahkan diubah, misalnya menjadi yosauny001. Email yang didaftarkan harus aktif, karena perlu dibuka untuk konfirmasi bahwa Anda memang mendaftar di PLTI untuk membuat akun tersebut. Untuk password, silahkan Anda tentukan sendiri. Bila suatu saat Anda lupa username dan/atau password Anda, silahkan klik reset password di laman member.plti.co.id tersebut. Anda akan diminta memasukkan email tadi. Selanjutnya Anda akan dikirimi email berisi username serta tautan/link untuk mengganti password. Setelah membuat akun, silahkan buka email Anda, dan konfirmasikan dengan mengklik tautan yang dikirim dari PLTI. BIla email tidak muncul di INBOX, coba dicek di SPAM. Klik tautan untuk mengkonfirmasi bahwa Anda benar-benar akan membuat akun di PLTI. Setelah mengkonfirmasi, Anda bisa login kembali di member.plti.co.id dan selanjutnya mengisi profil peserta secara lengkap. Pada profil, NIK itu adalah NOMOR KTP (Nomor Induk Kependudukan) jadi harus diisi 16 digit angka. Untuk NAMA INSTANSI, ketikkan instansi Anda, dan akan tampil pilihan yang telah tersedia. Klik yang sesuai. Bila Instansi tidak muncul/belum tersedia, silahkan menghubungi Call Center PLTI. Lanjutkan melengkapi data profil yang lain, termasuk foto, sesuai ketentuan yang telah ditetapkan (besar file maksimal dan warna latar belakang foto).

0

You may also like

Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) IKIP PGRI Pontianak melalui kerja sama dan implementasi program BKKBN Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan kegiatan pelayanan konseling keluarga dengan tema “Harmonisasi Dalam Keluarga”.
REKTOR IKIP PGRI PONTIANAK DAN BUPATI SAMBAS SEPAKATI PERJANJIAN KERJASAMA
Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Belmawa Kemdikbudristek secara daring.

Humas