Pimpinan Program Studi Biologi

DESKRIPSI PROGRAM STUDI

 

VISI

Program Studi Pendidikan Biologi IKIP-PGRI Pontianak memiliki visi “Menjadi Program Studi Pendidikan Biologi yang Unggul dalam Karakter, Inovatif, dan Mampu Berkompetisi dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi pada Tingkat Nasional Tahun 2025”.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis riset yang berpusat pada peserta didik dengan pendekatan pembelajaran yang efektif, kreatif, dan inovatif untuk menghasilkan lulusan pendidikan Biologi yang mampu berkarya dalam bidang pendidikan dan berjiwa wirausaha
  2. Menyelenggarakan, melaksanakan, dan mengelola penelitian dan pengembangan ilmu dalam bidang pendidikan Biologi sehingga temuannya bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan mengembangkan sumber daya masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran dalam mendukung pendidikan Biologi dan praktik wirausaha
  5. Melaksanakan tata kelola dan layanan akademik yang profesional, efektif, dan efisien dengan prosedur yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil.

KOMPETENSI PROGRAM STUDI

Kompetensi Utama Lulusan

Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi diharapkan memiliki kompetensi utama sebagai pendidik biologi. Kompetensi utama ini dijabarkan lebih lanjut menjadi:

Kompetensi Pedagogis

  • Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral,
    spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
  • Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang
    mendidik.
  • Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran
    biologi.
  • Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
  • Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
  • Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
  • Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
  • Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
  • Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

Kompetensi Kepribadian

  • Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia.
  • Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
  • Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.
  • Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri.
  • Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.

Kompetensi Sosial

  • Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.
  • Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
  • Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya.
  • Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.

Kompetensi Profesional

  • Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran biologi.
  • Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran biologi.
  • Mengembangkan materi pembelajaran biologi secara kreatif.

Kompetensi Pendukung Lulusan

  • Peneliti di bidang biologi dan pendidikan biologi
  1. Mampu melakukan penelusuran pustaka
  2. Menguasai teknik pengumpulan data
  3. Menguasai teknik pengolahan data
  4. Menguasai teknik penulisan ilmiah
  5. Mampu berkomunikasi dengan baik
  6. Mampu mengoperasikan peralatan penunjang penelitian
  7. Mampu mempublikasikan hasil penelitian.
  • Memiliki jiwa wirausaha di bidang biologi
Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi IKIP-PGRI Pontianak diharapkan memiliki jiwa wirausaha, menguasai teori dasar kewirausahaan, serta mampu menerapkan, mengelola, dan mengembangkan kewirausahaan di bidang biologi.

 

LEARNING OUTCOME

  • SIKAP
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.
  • KETERAMPILAN UMUM
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  • KETERAMPILAN KHUSUS
  • PENGUASAAN PENGETAHUAN

Verified by MonsterInsights