Pimpinan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia

VISI

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia IKIP PGRI Pontianak sebagai pusat pendidikan, penelitian, dan pengembangan Bahasa dan Sastra Indonesia yang mampu menghasilkan tenaga profesional, unggul, berdaya saing, menguasai Iptek dan berkarakter ditingkat regional, nasional dan internasional tahun 2045

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas serta mampu mengembangkan konsep teoretis keilmuan berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif untuk menghasilkan tenaga ahli dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang berdaya saing.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian inovatif, kreatif dan adaptif dalam bidang Bahasa dan Sastra Indonesia beserta pembelajarannya yang dapat berkontribusi dalam pendidikan.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Menyelenggarakan dan meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak dalam bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulus yang memiliki kompetensi kepribadian, pedagogik, sosial, dan profesional dalam bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  2. Menghasilkan karya ilmiah yang inovatif, kreatif, dan adaptif dalam bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  3. Menghasilkan dan menyebarluaskan karya pengabdian sebagai upaya meningkatkan kinerja dan membangun keterampilan usaha berdasarkan kebutuhan masyarakat.
  4. Memperluas jaringan dan hubungan antara lembaga pendidikan, industri dan komunitas lokal serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih holistik untuk dapat mengidentifikasi tantangan dan peluang yang ada dalam bidang pendidikan.

SASARAN

  1. Meningkatkan kualitas lulusan yang memiliki kompetensi kepribadian, pedagogik, sosial, dan profesional dalam bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan publikasi karya ilmiah yang inovatif, kreatif, dan adaptif dalam bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  3. Meningkatkan kualitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Meningkatkan mutu dan relevansi kerja sama antara lembaga pendidikan, industri, dan komunitas lokal serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih holistik untuk dapat mengidentifikasi tantangan dan peluang yang ada dalam bidang pendidikan.

PROFIL LULUSAN

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia IKIP PGRI Pontianak merupakan program studi Pendidikan strata dua yang memiliki keunggulan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pembelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam mengembangkan kajian pendidikan bahasa Indonesia dengan capaian pembelajaran yang ditetapkan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia berdasarkan hasil kajian terhadap kebutuhan pasar kerja yang dibutuhkan oleh pemerintah daerah maupun nasional, dunia usaha, dan kebutuhan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam mengembangkan kajian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di antaranya :

  1. Tenaga ahli dalam bidang bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  2. Peneliti dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang adaptif relevan sesuai dengan perkembangan Iptek berbasis kearifan lokal dan multikultural.
  3. Konsultan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia,
  4. Pengembang Bahasa dan sastra Indonesia.
  5. Analis bahasa yang mampu mengindentifikasi permasalahan dibidang hukum melalui bahasa lisan dan tulis.