Pimpinan Program Studi Pendidikan Fisika

DESKRIPSI PROGRAM STUDI

VISI

Profesional,Unggul, dan berdaya saing dalam Tri Dharma  Perguruan Tinggi Bidang Pendidikan Fisika Tahun 2025.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas untuk menyiapkan calon pendidik dan tenaga kependidikan bidang pendidikan fisika.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian bidang pendidikan fisika yang mutakhir serta berdaya saing global.
  3. Melaksanakan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat sebagai wujud implementasi keilmuan bidang pendidikan fisika.
  4. Membina kerjasama dengan berbagai pihak bidang pendidikan,
    penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

KOMPETENSI PROGRAM STUDI

Kompetensi Utama Lulusan

Mahasiswa lulusan mempunyai kemampuan menjadi Pendidik Fisika
yang profesional, Peneliti Pendidikan Fisika dan Pranata Laboratorium Pendidikan Fisika.

Kompetensi Pedagogis

  • Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika disekolah sesuai standar nasional pendidikan dengan memanfaatkan IPTEKS berdasarkan kearifan budaya lokal.
  • Mampu mendiagnostik kesulitan siswa dalam belajar fisika serta
    memberikan solusi dengan berbagai metode pembelajaran baik
    secara tutorial individu maupun kelompok.
  • Mampu mengembangkan perangkat pembelajaraan fisika.
  • Mampu menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi komputer pada pembelajaran fisika.
  • Mampu membuat alat peraga sederhana sebagai penunjang
    sarana pembelajaran pendidikan fisika.
  • Mampu melakukan pengajaran di laboratorium fisika.

Kompetensi Kepribadian

  • Menumbuhkan sikap beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang
    Maha Esa dan cinta terhadap tanah air.
  • Memiliki sikap komitmen dalam menyelesaikan pekerjaan/tugas
    sebagai pendidik fisika.
  • Memiliki sikap tanggung jawab terhadap pekerjaan/tugas sebagai pendidik fisika.
  • Dapat bekerja sama alam team work dengan baik dalam menyelesaikan pekerjaan/tugas sebagai pendidik fisika.

Kompetensi Sosial

  • Lulusan mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan
    santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang
    tua, dan masyarakat.
  • Memahami karakteristik sosial budaya dan kearifan lokal.
  • Mampu berkomunikasi secara ilmiah.

Kompetensi Profesional

  • Menguasai konsep-konsep, hukum dan teori dasar fisika.
  • Menguasai konsep-konsep, hukum dan teori fisika lanjut.
  • Mampu mengaitkan ilmu antar fisika dan bidang ilmu lainnya dalam rumpun sains (IPA).
  • Menguasai materi-materi fisika sekolah menengah.
  • Menguasai berbagai metodologi penelitian pendidikan.
  • Menguasai teknologi informasi untuk pendidikan dan pembelajaran.
  • Menguasai teknik pengelolaan laboratorium.

Kompetensi Pendukung Lulusan

  • Mampu mengembangkan jiwa kewirausahaan.
  • Mampu memahami organisasi dan profesi keguruan.

LEARNING OUTCOME

  • Pendidik Fisika yang Profesional
  1. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika disekolah sesuai standar nasional pendidikan dengan memanfaatkan IPTEKS berdasarkan kearifan budaya lokal.
  2. Mampu mendiagnostikkesulitan siswa dalam belajar fisika serta memberikan solusi dengan berbagai metode pembelajaran baik secara tutorial individu maupun kelompok.
  3. Mampu mengembangkan perangkat pembelajaraan fisika.
  4. Mampu menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi komputer pada pembelajaran fisika.
  5. Menguasai konsep-konsep, hukum dan teori dasar fisika.
  6. Menguasai konsep-konsep, hukum dan teori fisika lanjut.
  7. Menguasai ilmu pedagosis untuk pengembangan kemampuan mendidik.
  8. Mampu mengaitkan ilmu antar fisika dan bidang ilmu lainnya dalam rumpun sains (IPA).
  9. Menguasai materi-materi fisika sekolah menengah.
  10. Menguasai berbagai metodologi penelitian pendidikan.
  11. Menguasai teknologi informasi untuk pendidikan, pembelajaran dan penelitian.
  12. Mampu melakukan kajian dan analisis terhadap isu-isu dalam pendidikan dan pembelajaran fisika.
  13. Mampu membuat keputusan berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan pendidikan baik pembelajaran di kelas maupun laboratorium.
  14. Mampu membuat inovasi pembelajaran berdasarkan analisis evaluasi dan kebutuhan dalam pembelajaran.
  15. Memiliki sikap komitmen dalam menyelesaikan pekerjaan/tugas sebagai pendidik fisika.
  16. Memiliki sikap tanggung jawab terhadap pekerjaan/tugas sebagai pendidik fisika.
  17. Dapat bekerja sama alam team work dengan baik dalam menyelesaikan pekerjaan/tugas sebagai pendidik fisika.
  • Peneliti Pendidikan Fisika
  1. Mampu melakukan penelitian untuk mengevaluasi pembelajaran fisika dan mengembangkan pendidikan dengan berbagai pendekatan penelitian.
  2. Mampu melakukan tindakan perbaikan hasil pembelajaran (remediasi) berdasarkan hasil data hasil belajar siswa.
  3. Menguasai berbagai metodologi penelitian pendidikan.
  4. Menguasai teknologi informasi untuk pendidikan, pembelajaran dan penelitian.
  5. Mampu membuat keputusan berdasarkan hasil penelitian terkait dengan evaluasi pendidikan dan pembelajaran fisika.
  6. Memiliki sikap komitmen dalam menyelesaikan pekerjaan/tugas sebagai peneliti pendidikan fisika.
  7. Memiliki sikap tanggung jawab terhadap pekerjaan/tugas sebagai peneliti pendidikan fisika.
  8. Dapat bekerja sama alam team work dengan baik dalam menyelesaikan pekerjaan/tugas sebagai peneliti pendidikan fisika.
  9. Mampu mempertanggungjawabkan hasil penelitian berdasarkan kaidah ilmiah penelitian.
  • Pranata Laboratorium Fisika
  1. Mampu menggunakan berbagai peralatan laboratorium pendidikan fisika.
  2. Mampu membuat alat peraga sederhana sebagai penunjang sarana pembelajaran pendidikan fisika.
  3. Mampu melakukan pengelolaan laboratorium untuk pembelajaran fisika di sekolah.
  4. Menguasai berbagai teori pengelolaan laboratorium.
  5. Menguasai prinsip keselamatan kerja di laboratorium.
  6. Menguasai konsep-konsep, hukum dan teori dasar fisika.
  7. Menguasai konsep-konsep, hukum dan teori fisika lanjut.
  8. Mampu membuat keputusan berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan pendidikan baik pembelajaran di kelas maupun laboratorium.
  9. Memiliki sikap komitmen dalam menyelesaikan pekerjaan/tugas sebagai pranata laboratorium pendidikan fisika.
  10. Memiliki sikap tanggung jawab terhadap pekerjaan/tugas sebagai pranata laboratorium pendidikan fisika.
  11. Dapat bekerja sama alam team work dengan baik dalam menyelesaikan pekerjaan/tugas sebagai pranata laboratorium pendidikan fisika.