Pimpinan Program Studi Pendidikan Geografi

VISI

Mewujudkan  Program Studi Pendidikan Geografi yang unggul dalam upaya membentuk tenaga pendidik yang profesional melalui layanan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang kompeten inovatif dan berwawasan lingkungan

MISI

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang efektif dan efisien dalam rangka menghasilkan lulusan yang bermutu, dinamis sesuai dengan imteks dan kebutuhan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Geografi yang berbasis teknologi informasi dalam menciptakan dan mengembangkan karya pembelajaran geografi untuk peka dan peduli terhadap kehidupan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat melalui pendekatan spasial berdasarkan potensi kearifan lokal untuk mendorong pembangunan daerah yang berwawasan lingkungan.

KOMPETENSI PROGRAM STUDI

Kompetensi Utama Lulusan

Mahasiswa lulusan mempunyai kemampuan menjadi pendidik atau guru bidang studi Geografi yang berkualitas dengan memiliki kemampuan intelektual keruangan secara profesional dan mampu bersaing di masyarakat.

Kompetensi Kepribadian

  • Menumbuhkan sikap beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan cinta terhadap tanah air
  • Memiliki komitmen yang baik untuk menjadi insan cendikiawan yang profesional
  • Memiliki konsekwensi kepribadian baik terhadap masyarakat
  • Bisa memberikan solusi inovatif dalam pengembangan disiplin ilmu geografi

Kompetensi Pedagogis

  • Mampu memberikan pelayanan dan penyediaan fasilitas yang semakin komplit, mengingat ketrampilan dan keahlian mahasiswa Pendidikan Geografi sangat menentukan ketika masyarakat membutuhkannya
  • Mampu mengembangkan perangkat pembelajaraan geografi
  • Mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional
  • Mampu mengembangan teknologi komputer berbasis keruangan dengan pengelolaan perangkat lunak SIG
  • Mampu mengelola dan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi dan informasi
  • Mampu berinovasi dalam pembuatan media peraga yang berkualitas
  • Mampu mengimplementasikan laboratorium geografi sebagai daya dukung pembelajaran

Kompetensi Sosial

  • Pendidik yang memiliki tingkat etika yang baik dan bermanfaat badi sesama pendidik, orang tua dan masyarakat secara luas
  • Mampu bersosialisasi secara mandiri dengan mengdepankan sikap yang baik kepada siswa maupun masyarakat
  • Menghargai kearifan lokal dan mudah untuk beradaptasi dilingkungan manapun
  • Memiliki kebiasaan komunikasi secara ilmiah

Kompetensi Profesional

  • Menguasai konsep pembelajaran geografi
  • Peka terhadap kejadian alam yang ada dilingkungan sekitar sebagai peningkatan wawasan ilmiah berbasis lingkungan
  • Penguasaan materi pendidikan geografi baik geografi sosial maupun geografi fisik
  • Faham variasi strategi dan metode pendidikan geografi sebagai penunjang kualitas pendidik
  • Penguasaan teknologi dan informasi (IT)
  • Faham terhadap pengelolaan dan pemanfaatan laboratorium pendidikan geografi

Kompetensi Pendukung Lulusan

  • Berdedikasi mandiri dan nampu mengembangkan jiwa kewirausahaan
  • Aktif dalam kegiatan organisasi keguruan
  • Faham terhadap fungsi dan esensi profesi keguruan
  • Mampu menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri
  • Dapat menjadi pelopor terhadap keramahan dalam menjaga lingkungan alam

LEARNING OUTCOME

  • Pengetahuan dan Pemahaman
  1. Mahasiswa aktif dalam pembelajaran (student learning), dosen sebagai fasilitator.
  2. Pembelajaran kontekstual.
  3. Penyiapan modul oleh semua dosen (25 dosen), mahasiswa diberi tugas untuk mendiskusi, secara individual dan atau kelompok; dan mahasiswa ditugasi untuk mensistesiskan hasil diskusi.
  4. Mahasiswa diberi tugas untuk menggali atau memperkaya bahan pustaka, jurnal, publikasi ilmiah secara manual maupun digital sesuai dengan kompetensi yang  harus dipahami dan dimengerti.
  5. Membuat paper/makalah dan didiskusikan.
  • Kemampuan Intelektual
  1. Pembelajaran oleh mahasiswa (student learning), dosen sebagai fasilitator.
  2. Pembelajaran kontekstual, mahasiswa diajak ke lapangan dihadapkan pada fakta lapangan (real worlds).
  3. Penyiapan bahan oleh dosen yang ditujukan  untuk mengembangkan daya kritis mahasiswa, kemudian mahasiswa mendiskusikan dan mensintesiskan.
  4. Mahasiswa diberi tugas untuk menggali atau memperkaya bahan secara manual maupun digital sesuai dengan kompetensi yang  harus dipahami dan dimengerti.
  5. Membuat paper/makalah dengan bahan dari jurnal/majalah/makalah yang sesuai untuk pengembangan berfikir secara konseptual.
  6. Memberikan stimulasi secara inovatif dan kreatif untuk meningkatkan kemampuan memasuki dunia kerja.
  • Keterampilan Praktis
  1. Pembelajaran oleh mahasiswa (student learning), dosen sebagai pengajar dan fasilitator.
  2. Menyiapkan petunjuk praktikum, lengkap dengan intruksi kerjanya.
  3. Melakukan praktikum di laboratorium Kartografi dan Penginderaan Jauh, SIG dan di lapangan (KKL I dan II).
  4. Mengikutkan mahasiswa dalam penelitian dosen.
  5. Mengaktifkan dosen pembimbing akademik dan dosen pembimbing penyusunan skripsi.
  • Kemampuan Manajerial
  1. Pembelajaran oleh mahasiswa (student learning), dosen sebagai fasilitator.
  2. Mengikutsertakan mahasiswa dalam diskusi untuk membahas kerjasama penelitian.
  3. Memberikan kepercayaan pada mahasiswa untuk mengurus peristiwa-peristiwa khusus, misalnya: seminar/lokakarya/ peringatan ulang tahun fakultas/kuliah kerja lapangan.
  4. Melaksanakan penelitian mandiri dalam penyusunan skripsi (tugas akhir).