Program MSIB merupakan salah satu program kampus merdeka yang menyediakan ruang bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman dalam mengetahui dunia profesi dan menciptakan tenaga kerja yang profesional. Mahasiswa yang hendak lulus disediakan tempat untuk memasuki dunia kariernya, dimana diberikan program pengembangan soft skill oleh pusat karier.

Mesy Saputri Rahayu, yang merupakan salah satu mahasiswa progam studi Pendidikan Geografi IKIP Pgri Pontianak yang lolos menjadi salah satu peserta program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dari Kemendikbud Ristek.

Mesy menyampaikan  Dari program Become A Flutter Master. From Zero To Hero Dengan Mitra Alterra Academy saya mendapatkan banyak sekali pengalaman dan ilmu baru, pengalaman belajar yang seru, bertemu teman-teman dari kota lain dari hampir seluruh Indonesia. Studi Independen Bersertifikat di Alterra Academy, merupakan penyedia coding bootcamp untuk semua orang, baik yang memiliki latar belakang IT maupun non-IT untuk menjadi programmer dengan kualitas yang memenuhi standar industri. Alterra Academy membuka peluang bagi mahasiswa yang tertarik dalam bidang IT untuk mengikuti program Studi Independen dengan materi fullstack engineering. Program ini berlangsung mulai dari 17 Februari hingga 22 Juli 2022.

Jadi program ini nantinya mahasiswa akan belajar bagaimana membuat aplikasi dengan baik menggunakan bahasa pemograman dart di Flutter. Di program Studi Independent ini mahasiswa dilatih bagaimana cara membuat sebuah aplikasi, materi yang diajarkan dari yang paling dasar sehingga akan lebih mudah dimengerti oleh para peserta studi independent. Di sini kami di bimbing oleh mentor kami masing-masing dimana kami dibagi menjadi beberapa kelas yang didampingin oleh mentor yang professional dibidang Flutter. Di pertengahan program kami di beri tugas untuk mengerjakan sebuah mini project yang dikerjakan secara individu, membuat sebuah aplikasi dengan bahasa pemograman dart, sehingga akhirnya kami dapat mempresentasikan sebuah aplikasi hasil karya kami sendiri dihadapan mentor, dosen pembimbing, dan teman-teman sekelas kami di program Flutter ini.

Di program Studi Independent ini mahasiswa dilatih bagaimana cara membuat sebuah aplikasi, materi yang diajarkan dari yang paling dasar sehingga akan lebih mudah dimengerti oleh para peserta studi independent. Di sini kami di bimbing oleh mentor kami masing-masing dimana kami dibagi menjadi beberapa kelas yang didampingin oleh mentor yang professional dibidang Flutter. Di pertengahan program kami di beri tugas untuk mengerjakan sebuah mini project yang dikerjakan secara individu, membuat sebuah aplikasi dengan bahasa pemograman dart, sehingga akhirnya kami dapat mempresentasikan sebuah aplikasi hasil karya kami sendiri dihadapan mentor, dosen pembimbing, dan teman-teman sekelas kami di program Flutter ini.

Lebih lengkapnya yaitu program become a Flutter Master. From zero to hero meliputi pembelajaran individu minggu awal materi yang dipelajari yaitu materi Flutter dengan bahasa pemograman dart. Dan projek akhir dalam bentuk tim yang terdiri dari beberapa keahlian khusus. Pada pembelajaran individu, setiap peserta akan mengikuti kelas dalam bentuk asynchronous (terdiri dari Pre-Preparation Learning dengan menyaksikan video pembelajaran, mengerjakan quiz dan summary materi, mengerjakan tugas praktek individu dan belajar mandiri menyaksikan video pembelajaran) dan bentuk synchronous dengan mengikuti Live session dimana peserta dapat berkonsultasi dengan expert/mentor secara langsung terkait materi yang dipelajari sebelumnya melalui tipe pembelajaran asynchronous.

Mungkin ini memang tak sesuai jurusan saya di bangku kuliah tapi dengan program ini saya belajar hal baru. Saya bergabung di mitra Alterra Academy yang pada basicnya ialah IT. Menurut pengalaman yang telah saya rasakan program Studi Independen Batch 2 Become a Flutter Master. From zero to hero, program ini memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa terutama di era digital ini. Dibantu oleh mentor yang ahli dibidangnya dan dengan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan saat ini. Saya jadi tahu seluk beluk pembuatan website, belajar critical thinking, professional skill seperti komunikasi, kepemimpinan, manajemen waktu dan lain-lain.

Kelebihan yang dapat dirasakan oleh peserta pada program Studi Independen adalah:

1. Fasilitas Pembelajaran mulai dari mentor dan materi yang sangat baik.

2. Tidak dipungut biaya.

3. Dapat menambah portofolio mahasiswa yang akan berkarir di bidang IT atau Programmer.

4. Mendapatkan biaya bantuan komunikasi.

Program ini sangat di rekomendasikan karena selain memberikan course gratis berkualitas dan bersertifikat, program ini juga melatih softskill mahasiswa peserta. Mahasiswa dapat mendaftar melalui web resmi kampus Merdeka. Ucapnya

0

You may also like

PENYERAHAN MAHASISWA PLP II dan KKM IKIP PGRI Pontianak di 14 Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat
Penyerahan mahasiswa program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2 dan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) tahun 2022 Kabupaten Sanggau
Penerimaan Mahasiswa Baru

Humas