Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menyelenggarakan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2021 untuk mendukung program Kampus Merdeka, khususnya pemenuhan hak mahasiswa untuk dapat belajar di luar program studi dan atau perguruan tinggi dimana dia menempuh pendidikan. Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti proses pembelajaran di kampus-kampus perguruan tinggi manapun di Indonesia sebagai bagian dari upaya penguatan dan atau perluasan kompetensinya.

IKIP PGRI Pontianak, tentunya menjadi salah satu kampus yang ikut serta menyukseskan program yang diusung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan tekologi, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M. B. A. Tepatnya pada tanggal 12 November 2021 lalu, IKIP PGRI Pontianak menerima kedatangan 14 Mahasiswa dari berbagai kampus di tanah air untuk mengikuti perkuliahan tatap muka di kampus IKIP PGRI Pontianak. Kedatangan mereka di Bandara Supadio Pontianak disambut langsung oleh Kepala LPPG IKIP PGRI Pontianak, Bapak Bohari, M. Pd, dan tim PMM yang diketuai oleh Ibu Nurmaningsih, M. Pd. Selain mata kuliah yang ada di kampus, Mahasiswa PMM dari luar kampus atau dikenal dengan mahasiswa inbond juga mengikuti kegiatan Modul Nusantara yang merupakan bagian dari program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Kegiatan Modul Nusantara ini berisi 25 kegiatan yang terdiri dari 3 kegiatan Inspirasi, 14 kegiatan kebhinnekaan, dan 7 kegiatan Refleksi serta 1 kegiatan Kontribusi Sosial. Melalui kegiatan Modul Nusantara ini, mahasiswa dikenalkan dengan beragam budaya yang ada di Kalimantan Barat. Kunjungan ke Keraton Kadariyah, rumah radankg, kampung tenun dan lain-lain yang didampingi oleh dosen Modul Nusantara yaitu Bapak M. Iqbal Ripo Putra, M. Pd, membuat mahasiswa merasa senang sekaligus bangga dapat mengetahui dan menghargai budaya di daerah lain.

Selain PT Penerima, IKIP PGRI Pontianak juga berperan sebagai PT Pengirim dan PT Mitra dalam program PMM ini. Sebagai PT Pengirim, IKIP PGRI Pontianak mengutus 17 mahasiswa terbaiknya untuk belajar di kampus luar, yaitu Prodi P. Bahasa Inggris 5 Mahasiswa, Prodi P. Matematika 4 Mahasiswa, Prodi P. Teknologi Informasi 6 mahasiswa, Prodi P. Geografi dan P. Fisika sebanyak masing-masing 1 mahasiswa. Sebagai PT Mitra, IKIP PGRI Pontianak diwakilkan oleh 6 orang dosen pengampu mata kuliah, menjadi Mitra bagi kampus lain yang mahasiswanya ingin belajar secara daring di kampus IKIP PGRI Pontianak dalam mata kuliah unggulan yang ditawarkan oleh IKIP PGRI Pontianak.

Selama kurang lebih dua bulan mahasiswa menempuh mata kuliah di IKIP PGRI Pontianak. Pada tanggal 17 Januari 2022 lalu, IKIP PGRI Pontianak melaksanakan kegiatan Pelepasan dan Penyambutan Mahasiswa Inbond dan Outbond Serta Sosialisasi Kegiatan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) IKIP PGRI Tahun Akademik Ganjil 2021/2022. Dalam kesempatan ini, Wakil Rektor 1 menyampaikan pesannya kepada mahasiswa inbond agar jangan pernah berhenti belajar, meskipun kegiatan PMM telah berakhir. Bliau juga memotivasi dan memberikan semangat bahwa mahasiswa PMM adalah mahasiswa terpilih yang harus memiliki jiwa kepemimpinan, sesuai dengan amanat yang dibebankan pada kegiatan PMM ini. Tak lupa sebelum kembali ke daerah asal masing-masing, mahasiwa PMM berkesempatan untuk berpamitan dengan Rektor IKIP PGRI Pontianak, Bapak Rustam, M. Pd., Kons. di ruang kerjanya. Nasehat dan semangat diberikan oleh Beliau, agar senantiasa menjaga silaturahim dan mengambil pelajaran dari apa yang dijalani selama berada di kampus IKIP PGRI Pontianak. “Jadilah orang yang sukses, yaitu orang yang berada pada waktu dan tempat yang tepat.” pesan Bapak Rustam, M. Pd Kons. kepada mahasiswa PMM.

Meskipun telah kembali ke daerah masing-masing, bukan berarti tugas mahasiswa PMM juga berakhir. Mereka akan tetap mengikuti perkuliahan secara daring, karena masih ada Ujian Akhir Semester yang dilaksanakan sampai akhir Januari ini. Kegiatan PMM akan berakhir setelah perkuliahan semester ganjil berakhir untuk semua kampus di seluruh Indonesia yang akan ditutup oleh Ketua Subpokja PMM, Bapak Andi Ilham Makhmud. Beberapa kegiatan Merdeka belajar Kampus Merdeka telah dilaksanakan oleh IKIP PGRI Pontianak diantaranya Kampus Mengajar Angkatan 1, Kampus Mengajar Angkatan 2, Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 1 dan saat ini yang sedang berjalan adalah Kampus Mengajar Angkatan 3 dan tentu saja, IKIP PGRI Pontianak siap untuk menyukseskan PMM Angkatan 2 mendatang.

0

You may also like

Roadshow 1000 Startup Digital bersama mahasiswa IKIP PGRI Pontianak.
PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN WAKIL REKTOR I dan II IKIP PGRI PONTIANAK (MASA BAKTI 2022-2026)
Rektor IKIP PGRI Pontianak Periode 2022 – 2026 Resmi dilantik

Humas