Pontianak, Pada Tanggal 17 September 2020, pelaksanaan webinar bertempat di IKIP PGRI Pontianak. PAIFORI Kalimantan Barat, PAIFORI Pusat, KONI Kalimantan Barat, IKIP PGRI Pontianak, Universitas Padjajaran Bandung, UPI Bandung, Universitas Muhammadiyah Pontianak, dan Untan Pontianak, mengadakan webinar gratis dengan tema: BERSATU MELAWAN COVID-19 “Optimalisasi Imunitas dengan Olahraga Terukur, Asupan Gizi Seimbang, dan Kelola Stress Menuju Kesiapan PON XX”.

Seminar yang diadakan PAIFORI Cabang Kalimantan Barat merupakan Webinar yang diselenggarakan dari Pukul 08.30 WIB – 14.30 WIB melalui media Zoom dan Live channel Youtube. Kegiatan webinar yang difasilitasi IKIP PGRI Pontianak diikuti sebanyak 576 peserta dari berbagai daerah; Aceh, Sumatra, DKI Jakarta, Jabar, Jatim, Jateng, Sulawesi, Bali, Riau, dan Papua serta dari mancanegara yaitu Afrika. melalui live zoom miting maupun live channel youtube. Dengan Co Host yang dipandu Ibu Fitriana Puspa Hidasari, S.Pd., M.Or., AIFO yang merupakan Dosen Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, UNTAN Pontianak, dan juga Bendahara PAIFORI Cabang Provinsi Kalimantan Barat. Host membuka dengan memberi salam, menjelaskan topik, peraturan yang ada kemudian menyerahkan kendali pertemuan kepada moderator.

Adapun yang bertindak sebagai moderator Bapak Januar Inggar Yadi, M.Pd., AIFO yang merupakan Wakil Ketua PAIFORI Cabang Provinsi Kalimantan Barat. Acara ini dimulai dengan arahan sekaligus membuka acara webinar dari Rektor IKIP PGRI Pontianak mengenai didukungnya kegiatan Webinar PAIFORI, sebagai wadah kerjasama mempererat jalinan silaturrhami baik antar perguruan tinggi maupun Instansi pemerintah dalam upaya menjalani kehidupan disaat Pandemi Covid-19.

Selanjutnya persentasi dari Prof. Dr. A. Purba, dr., MS., AIFO yang merupakan Guru Besar Dosen Tetap Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung dan Ketua Umum PAIFORI Pusat. Dengan Topik “Optimalisasi Imnitas dengan Olahraga Terukur, Asupan Gizi Seimbang dan Kelola Stress”. Persentasi tersebut juga menjelaskan langkah-langkah dalam dalam meningkatkan imunitas dengan olahraga terukur, kelola stress, dam asupan gizi seimbang dan rutin melakukan cek up, menjaga kesehatan dan kebugaran. Selanjutnya Prof. Dr. Beltasar Tarigan, MS., AIFO yang merupakan Guru Besar Dosen Tetap FPOK Universitas Pendidikan Indonesia, UPI Bandung. Ketua Penasehat PAIFORI Pusat. Dengan Topik “Optimalisasi Gerak dan Olahraga Bagi Masyarakat Pelajar dan Atlet agar Tetap Fit dan Bugar ditengah Pandemi Covid-19”. Persentasi tersebut juga menjelaskan pentingnya menjaga kebugaran, dimana ternyata sebnyak 60-85% masyarakat masih bergaya hidup tidak aktif (bermalas-malasan) dan kurang gerak dan sedikinya 2 juta kematian karena aktivitas fisik.

Selanjutnya Prof. H. Selamet Rahardjo, SH., selaku wakil Ketua Umum I Bidang Prestasi dan Olahraga KONI Kalimantan Barat. Dengan Topik “Tes Fisik dan Kesehatan Cabor Lolos PON XX 2021: Cabor Beladiri, Permainan dan Olahraga Terukur” persentasi tersebut menjelaskan cabang-cabang unggulan Kalimantan Barat baik olahraga Beladiri, olahraga permainan, maupun olahraga terukur persiapan PON XX tahu 2021 Papua. Selanjutnya Stephani Yane, M.Pd., yang merupakan Dosen Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Dekan FPOK IKIP PGRI Pontianak dengan Topik “Menjaga Imunitas diera New Normal” dalam persentasinya menjelaskan pentingnya menjaga imunitas tubuh dengan; aktivitas fisik, nutrisi seimbang, menjaga kesehatan mental, dan istirahat yang cukup.
Selanjutnya Ilham Surya Fallo, S.Or., M.Pd., AIFO – Dosen Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FPOK IKIP PGRI Pontianak yang juga merupakan Ketua PAIFORI Cabang Kalimantan Barat. Dengan topik “Peran Pelatih dan Orang Tua dalam Mengembangkan Resiliensi Atlet di Masa Pandemi Covid-19” dalam persentasinya menjelaskan tentang peran orang tua mengembangkan resilensi atlet di masa pandemic Covid-19dan beberapa factor yang mempengaruhi resilensi atlet baik; faktor lingkungan, faktor individu, dan faktor keluarga.
Selanjutnya M. Taufik, SKM., M.K.M – Dosen Tetap Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Pontianak. Dengan topic “Olahraga dan Kesehatan di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru” dalam penjelasan paparannya menegaskan pentingnya menjaga kesehatan masyarakat di masa pandemi dengan prinsip Olahraga BBTT (Baik, Benar, Terukur, dan Teratur) menuju kebugaran Jasmani yang lebih baik. Dalam kegiatan ini, terdapat sesi Tanya-jawab dari peserta yang sangat aktif, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang ditanyakan kepada narasumber dan konsistennya peserta webinar unutk mengikuti gegiatan webinar hingga akhir. Setelah acara selesai, peserta melakukan foto bersama melaluislid zoom. Acara ini diharapkan dapat membangun kesadaran atlet, orang tua, masyarakat secara umum tentang optimalisasi dengan olahraga terukur, asupan gizi seimbang, dan kelola stress di saat pandemic covid-19.
Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung acara ini khususnya bagi pengurus PAIFORI Cabang Kalimantan Barat dan Tim LPPG – LPPM IKIP PGRI Pontianak dalam hal ini yang menangani webinar. Mari bersama kita lalukan langkah kecil untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan olahraga terukur, asupan gizi seimbang, dan kelola stress untuk menjaga kebugaran.

0

You may also like

Roadshow 1000 Startup Digital bersama mahasiswa IKIP PGRI Pontianak.
PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN WAKIL REKTOR I dan II IKIP PGRI PONTIANAK (MASA BAKTI 2022-2026)
Rektor IKIP PGRI Pontianak Periode 2022 – 2026 Resmi dilantik

Humas