Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 26 Agustus 2020 (26/08/2020) dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting, dan Live Streaming pada Cannel Youtube IKIP PGRI Pontianak Official. Adapun peserta dalam kegiatan seminar ini berjumlah 280 peserta, terdiri dari Dosen, Guru BK, Praktisi BK, dan Mahasiswa. Dipandu oleh Sekretaris Prodi BK Galuh Hartinah, M.Pd sebagai pembawa acara, dibuka dengan kata sambutan dari Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, Eka Jaya Putra Utama, M.Pd. Keynote Speaker oleh Rektor IKIP PGRI Pontianak, Rustam, M.Pd.,Kons, sekaligus meresmikan kegiatan Seminar Daring Nasional ini.

Pada kegiatan inti yaitu pemaparan materi oleh narasumber di moderatori oleh Amelia Atika, M.Pd. Narasumber Pertama yaitu Mulawarman, M.Pd, Ph.D, (Dosen Pascasarjana UNNES dan Kepala Laboratorium BK FIP UNNES) dengan materi “Strategi Pelayanan BK di Perguruan Tinggi pada Masa Transisi”. Narasumber kedua yaitu Dr. Hesty Nurrahmi, M.Pd,(Ketua Jurusan BKI Fakultas Usluhudin IAIN Pontianak) menyampaikan materi mengenai “Strategi Pelayanan BK dari rumah bagi siswa SD”, dan narasumber yang ketiga yaitu (Kand) Dr. Yenni Rizal, M.Pd (Dosen BK IKIP PGRI Pontianak) menyampaikan materi mengenai “Strategi Pelayanan BK di SMP dan SMA sederajat.

Dari ketiga narasumber tersebut dapat disimpulkan bahwa Pelayanan BK yang profesional diharapkan mampu memberikan pemahaman yang baik mengenai kondisi masa new normal saat ini kepada siswa, guru mata pelajaran dan wali atau orang tua terkait kemampuan anak dalam mengikuti proses pembelajaran secara daring, dipandang dari aspek psikologis dan kemampuan anak dalam menyesuaikan diri dengan masa transisi. Kolaborasi yang solid antara guru BK dengan pihak sekolah, guru mata pelajaran, orang tua dan siswa sangat dibutuhkan dalam membangun kesiapan anak menghadapi masa transisi new normal saat ini.

0

You may also like

Roadshow 1000 Startup Digital bersama mahasiswa IKIP PGRI Pontianak.
PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN WAKIL REKTOR I dan II IKIP PGRI PONTIANAK (MASA BAKTI 2022-2026)
Rektor IKIP PGRI Pontianak Periode 2022 – 2026 Resmi dilantik

Humas