Tanggal, 23 Juli 2020 Program Studi Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak melaksanakan Webinar bertema Pembelajaran Geografi di Era New Normal. Sebagai pemateri hadir Prof. Dr. Sumarmi, Dr. Yasin Yusup, S.Si, M.Si, dan Dr. Ajun Purwanto, S.Si, M.Pd. Prof. Sumarmi, M.Pd yang menjadi pembicara pertama menghadirkan materi Model Pembelajaran Geografi di Era New Normal. Di era new normal sebagai dampak penyebaran covid-19, memaksa semua aktivitas berubah, termasuk kegiatan belajar mengajar. Geografi sebagai spatial science atau ilmu keruangan biasanya perlu mengekplorasi lingkungan untuk memahami berbagai fenomena permukaan bumi. Pembelajaran yang biasa dilakukan baik dengan metode ceramah maupun outdoor kini terhambat karena sulitnya menghindari berkumpulnya sejumlah orang dalam waktu yang sama. Beliau mengatakan bahwa pembelajaran saat ini dititikberatkan pada pemecahan masalah. Pemecahan masalah dalam Geografi diperoleh dengan mengaitkan berbagai persoalan yang ada dengan lokasi di permukaan bumi dan proses-proses keruangan yang disebut spatial process. Kemampuan berpikir secara keruangan ini yang dinamakan spatial thinking.

Ketika materi-materi ini tidak lagi disampaikan dengan cara ceramah di kelas, metode yang dapat digunakan adalah blended learning. Blended learning merupakan gabungan antara pembelajaran daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan). Model pembelajaran Geografi yang dapat dipilih antara lain: discovery based learning, Problem Based Learning, Experiental Learning (pembelajaran berbasis pengalaman), Spatial Based Learning, Research Based Learning, Earth Science in Community (Earthcomm). Dalam memilih strategi, metode dan model pembelajaran perlu menetapkan tujuan pembelajaran, mengenali karakteristik siswa dan karakteristik materi.

0

You may also like

IKIP PGRI PONTIANAK BERHASIL MELULUSKAN MAHASISWA TANPA SKRIPSI
Study Tour PPA Anugrah Sekadau di IKIP PGRI Pontianak
IKIP PGRI Pontianak mengadakan Diklat Social Media Marketing berkolaborasi dengan BDI dan Pos Ekonomi Rakyat Abadi.

Humas