Dalam rangka merayakan Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang bisa diikuti oleh masyarakat. Sebelumnya para siswa untuk jenjang PAUD – SMA bersama orangtua sudah mengikuti kegiatan Kemah Karakter Virtual. Hari ini, Sabtu (11/07/2020) menyelenggarakan kegiatan webinar seri keempat dengan tema Pengenalan Lingkungan Sekolah Secara Virtual: “Menyambut Tahun Ajaran di Kenormalan Baru, Semua Terlibat Semua Hebat”.

Kepala Pusat Penguatan Karakter (Kapuspeka) Hendarman mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan webinar seri keempat ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebijakan Kemendikbud terkait penyelenggaraan tahun ajaran baru di masa pandemi, serta saling bertukar pengalaman dan praktik baik dalam persiapan memasuki tahun ajaran di masa kenormalan baru, baik oleh siswa, orang tua, dan sekolah.

“Kami berharap setelah mengikuti webinar ini 4.600 peserta mendapatkan pencerahan dan siap melakukan pembelajaran di masa kenormalan baru,” tutur Hendarman.

Dalam pelaksanaan webinar kali ini, Kemendikbud menghadirkan empat narasumber, yaitu Plt. Dirjen PAUD Dikdas dan Dikmen Kemendikbud, Hamid Muhammad, Kepala UPT SMPN 38 Medan, Rohanim, Aktris dan Politikus, Desy Ratnasari, serta siswa berprestasi, Kaneishia Lathifa Z. Kegiatan webinar kali ini dipandu oleh salah satu pegawai Puspeka sebagai moderator, Siti Jenab.

Hamid Muhammad, sebagai narasumber pertama menyampaikan kebijakan tahun ajaran baru di masa pandemi. Menurut Hamid, kesehatan dan keselamatan adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan. Ia menekankan bahwa sekolah yang sudah diizinkan untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka hanya sekolah yang berada di zona hijau dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Meskipun demikian, sekolah-sekolah ini tetap dilarang untuk melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara langsung.

Sementara itu, Kepala Sekolah UPT SMPN Medan, Rohanim, menceritakan pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SMPN 38 Medan, yang masih berada di zona merah. Rohanim berbagi praktik baik tentang pelaksanaan MPLS secara virtual di SMPN 38 Medan melalui tayangan video. Menurut Rohanim, masih ada saja orang tua murid yang menghendaki sekolah menyelenggarakan pembelajaran tatap muka layaknya sebelum masa pandemi. Menanggapi orang tua tersebut, Ia tetap mengikuti imbauan pemerintah tetap memberlakukan PJJ sebagaimana arahan pemerintah.

Cerita menarik juga disampaikan Desy Ratnasari. Saat mendampingi putrinya dalam pelaksanaan PJJ, orang tua dapat berkontribusi dengan mengawasi kegiatan belajar anak, mendampingi anak selama belajar di rumah, serta memfasilitasi kebutuhan belajar anak. “Penting bagi orang tua untuk mengetahui karakteristik anak, terutama terkait gaya belajar anak, sehingga dapat mendampingi anak belajar dengan optimal dan tetap menyenangkan meskipun di rumah saja,” terang Desy.

Mewakili peserta didik, Kaneishia Lathifa Zahira menyampaikan bahwa siswa juga harus turut berkontribusi agar pembelajaran jarak jauh berjalan lancar. Berdasarkan pengalamannya, belajar secara daring memiliki banyak kelebihan seperti fleksibilitas waktu dan cara belajar, serta menghemat tenaga dan waktu karena tidak perlu menempuh perjalanan pergi dan pulang sekolah. Selain itu, siswa yang belajar dari rumah bisa turut membantu orang tua di rumah. Ia berharap sekolah dapat meningkatkan penggunaan teknologi komunikasi dan kemampuan guru dalam sistem belajar daring.

Sebagai bentuk apresiasi, Puspeka memberikan sertifikat kepada peserta yang mendaftarkan diri pada tautan yang sudah disediakan dan hadir pada kegiatan webinar dan memberikan hadiah bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan melalui kuis dan memberikan pertanyaan kepada para narasumber. Webinar ini merupakan kegiatan rutin yang akan diselenggarakan oleh Puspeka setiap dua minggu sekali.

Webinar “Menyambut Tahun Ajaran di Kenormalan Baru, Semua Terlibat Semua Hebat” ini disiarkan langsung melalui aplikasi Zoom yang dapat diakses oleh peserta yang sudah mendaftarkan diri melalui tautan https://bit.ly/puspeka-pls1. Selain melalui Zoom, webinar ini juga dapat disaksikan melalui kanal YouTube Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI.

Sumber : www.kemdikbud.go.id

0

You may also like

KLIK (Klinik TIK) Rumah Belajar: Edisi Memahami Seluk Beluk Fitur Sumber Belajar

vindo