Pendidikan adalah Pembelajaran Pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi dibawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Pendidikan berarti kegiatan “menuntun ke luar”. Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap pendidikan.

Pendidikan umumnya dibagi menjadi beberapa tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah dan kemudian perguruan tinggi. Pendidikan di Indonesia menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Di Indonesia, semua penduduk wajib mengikuti program wajib belajar pendidikan dasar selama sembilan tahun, enam tahun di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah dan tiga tahun di sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah. Saat ini, pendidikan di Indonesia diatur melalui Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

SMP N 1 dan SMP N 8 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya bermitra dengan IKIP-PGRI Pontianak dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Dalam PKM yang didanai oleh Kemenristek Dikti bergerak dalam bidang pendidikan. Kegiatan Pertama dilaksanakan di SMP N 1 Sungai Kakap. Menurut kepala SMP N 1 Sungai Kakap bapak Sukasman, S.Pd “bahwa pendidikan masih perlu ditingkatkan lagi, khususnya dalam bidang pembelajaran”. Oleh karena itu PKM yang diketuai oleh bapak Chandra Lesmana, S,Kom., M.Pd yang beranggotakan Hartono, M.Pd, Ryan Permana, S.T., M.Pd, dan Matsun, S,Si., M.Pd untuk memberikan pelatihan di SMP N 1 Sungai Kakap “Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif”. Pelatihan ini diberikan selama 5 hari, dalam 5 hari tersebut para guru dilatih dalam membuat media interaktif yang sesuai dengan mata pelajaran masing-masing. Para guru dibimbing secara intensif oleh instruktur yang sesuai dengan mata pelajaran para guru.

Kegiatan Kedua nantinya akan dilaksanakan di SMP N 8 Sungai Kakap. Menurut pendapat bapak Pahmi, S.Pd selaku kepala SMP N 8 Sungai Kakap “bahwa para guru memerlukan media alternatif sebagai alat pembelajaran” nantinya di SMP N 8 Sungai Kakap juga akan dilatih dengan pembuatan multimedia interaktif yang dilakukan selama 5 hari serta dibimbing oleh instruktur secara intensif juga.

Tujuan PKM ini untuk melatih para guru dalam pembuatan media pembelajaran yang interaktif dan animatif. Media pembelajaran ini sebagai alternatif dari media yang sering digunakan oleh guru pada umumnya. Harapan dalam PKM ini agar para guru dapat memperoleh media pembelajaran yang baru serta dapat mempraktekkannya didalam kelas sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran.

You may also like

Roadshow 1000 Startup Digital bersama mahasiswa IKIP PGRI Pontianak.
PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN WAKIL REKTOR I dan II IKIP PGRI PONTIANAK (MASA BAKTI 2022-2026)
Rektor IKIP PGRI Pontianak Periode 2022 – 2026 Resmi dilantik

staf humas