Sebanyak 28 pelajar SMA Mujahidin Pontianak melakukan kunjungan studi ke Laboratorium Geospasial Prodi Pendidikan Geografi IKIP-PGRI Pontianak, Rabu (3/10/2018).

Kegiatan ini dimulai sekitar pukul 08.00 – 11.30 WIB yang diikuti oleh siswa-siswi kelas X SMAS Mujahidin Pontianak.

Kedatangan mereka di dampingi Guru Mata Pelajaran Geografi yaitu Laily Nurhasanah,S.Pd. Tujuan kunjungan kali  siswa untuk melakukan kegiatan interpretasi citra. Dalam kunjungan itu, para pelajar tersebut dibimbing langsung Dosen Pendidikan Geografi selama kegiatan berlangsung.

“Saya sangat berterimakasih kepada Prodi Pendidikan Geografi yang telah menerima kami dengan baik. Model pembelajaran seperti ini dapat menambah belajar siswa terkait mata pelajaran geografi dan memberitahukan bahwa pelajaran geografi bukan sekedar hafalan, namun juga banyak prakteknya. Semoga dengan kelengkapan fasilitas labaratorium geografi disini dapat dimanfaatkan oleh sekolah-sekolah lain serta kampus-kampus yang ada kaitannya dengan geografi,” ujar Laily Nurhasanah,S.Pd.

Dalam kunjungan itu, para siswa diberi materi dasar tentang penginderaan jauh, interpretasi citra, dan sistem informasi geografi.

Materi tentang penginderaan jauh yang diajarkan disekolah lebih kepada konsep secara sederhana maka dengan adanya acara kegiatan belajar ke laboratorium seperti ini maka siswa akan lebih terimajinasi tentang arti penting penginderaan jauh dan pemanfaatannya.

Terlebih jaman  sekarang ini teknolgi peginderaan jauh berkembang sangat pesat dengan adanya berbagai macam perkembangan teknologi satelit.

“Ke depan diharapkan Laboratorium pendidikan geografi IKIP PGRI Pontianak bisa menambah sarana dan prasarana laboratorium spesial seperti citra satelit dangan wahana satelit seperti Citra Alos, Citra Quicbirth, Citra Spot yang terbaru dan seperangkat alat foto udara seperti Drone dan tidak kalah penting adalah seperangkat alat berbasis Sistem Informasi Geografis untuk mengolah data spasial tersebut,” ujar pengelola laboratorium, Agus Sudiro.

ketua programstudi, Paiman,S.Pd M.Pd menambahkan, laboratorium program Studi Pendidikan Geografi IKIP-PGRI Pontianak merupakan wadah yang tepat dalam pengembangan keilmuan geografi, yang tentunya tidak hanya untuk mahasiswa ataupun dosen. Namun, bisa juga dijadikan sebagai edukasi yang baik bagi siswa maupun guru.

You may also like

Roadshow 1000 Startup Digital bersama mahasiswa IKIP PGRI Pontianak.
PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN WAKIL REKTOR I dan II IKIP PGRI PONTIANAK (MASA BAKTI 2022-2026)
Rektor IKIP PGRI Pontianak Periode 2022 – 2026 Resmi dilantik

staf humas