Selasa, 9 November 2022 Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi melanjutkan terobosan melalui implementasi aksi nyata dalam rangka penguatan produktivitas karya Dosen dan Mahasiswa, melalui wokhsop dan stadium general dengan tema “Lingkup dan Arah Penelitian Berbasis IoT” . Kuliah umum yang dilaksanakan bertujuan memberikan pembekalan kepada seluruh mahasiswa terkait IoT yang sedang merambah di segala aspek, termasuk dunia pendidikan dan pembelajaran terkait tantangan era society 5.0. Pemateri Kuliah Umum kali ini adalah Bapak Wahyu Saputra, M.Pd. yang merupakan alumni dari Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak yang telah menjadi dosen di STKIP Tanjungpura Kabupaten Ketapang.
Dalam kegiatan pembukaan kuliah umum, dilaksanakan juga launching Study Club Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika. Study Club ini merupakan salah satu bentuk dukungan yang diberikan oleh Program Studi Pendidikan Fisika untuk memfasilitasi minat dan bakat mahasiswa. Mahasiswa dapat mengembangkan kreatifitas di bidang-bidang yang mereka sukai, baik yang bersifat akademik maupun non akademik.
Study club yang terbentuk sebanyak 6 bidang, yaitu: (1) study club olahraga, (2) study club seni dan kreativitas, (3) study club social media marketing dan multimedia, (4) study club olimpiade, (5) study club robotika, dan (6) study club karya ilmiah. Launching Study Club ini dihadiri dan diresmikan langsung oleh Dekan Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak, Yudi Darma, M.Pd. Dalam sambutannya beliau memberikan motivasi kepada seluruh dosen dan mahasiswa untuk menjadi pelopor terdepan terhadap semua hal positif, terutama untuk pengembangan diri yang berdampak pada produktivitas. “Selalu ada kompromi terhadap semua hal yang baik dan tidak ada komproni terhadap yang tidak baik”, demikian tegas beliau. Beliau menegaskan 6 Program Unggulan terkait penguatan capaian visi dan misi menjadi variabel kinerja yang mesti diturunkan melalui indikator utama dalam pengembangan program untuk memastikan Quality Improvement dapat terus digalakkan. Study Club ini akan menjadi pintu masuk dalam mengadaptasikan mata kuliah STEM sebgai mata kuliah ke-MIPA-an. Dalam kesempatan tersebut beliau juga menyampaikan akan adanya gerakan Literasi yang menjadi nutrisi utama bagi setiap mahasiswa, termasuk di dalamnya kegiatan yang dilksankn pada hari ini sebagai implementasi Literasi digital.

Laboratorium Fisika Dasar


Semua study club yang telah terbentuk tersebut akan didampingi oleh dosen pembimbing yang berkompeten di bidangnya. Dibentuknya study club ini juga merupakan bentuk dukungan Program Studi Pendidikan Fisika terhadap Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak dalam pencapaian program kerja berlandaskan SIMKATMAWA, Puspernas dan Akreditasi.
Studi club olahraga memfasilitasi mahasiswa yang memiliki minat di bidang olehraga, study club seni dan kreativitas mewadahi mahasiswa yang memiliki minat, bakat dan keilmuan di bidang seni, study club social media marketing dan multimedia merupakan wadah bagi mahasiswa yang ingin focus pada bidang multimedia dan marketing, study club olimpiade untuk mewadahi mahasiswa yang focus pada bidang keilmuan, khususnya fisika, study club robotika mewadahi mahasiswa yang ingin focus pada bidang robotika dan Internet of Things, serta study club karya ilmiah mewadahi mahasiswa yang ingin mengembangkan potensinya di bidang penelitian dan keilmiahan melaui karya tulis.
Di akhir acara pembukaan kuliah umum yang sekaligus launching study club, Dekan Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya terhadap kegiatan yang dilaksanakan dan berharap dapat menjadi stimulus agar semakin banyak mengalir karya-karya nyata dan kreatifitas dari Program Studi Pendidikan Fisika sembari mencoba robot mobil yang dirakit oleh tim robotika.

0

You may also like

Seminar “Karya Tulis Ilmiah” Dilaksanakan untuk Melatih Keterampilan Berbahasa bagi Para Mahasiswa
Audiensi dan Silaturahmi IKIP PGRI Pontianak di BPMP dan BGP Prov.Kalbar
KPID Kalimantan Barat dan IKIP PGRI Pontianak Bersama-sama Membangun Literasi Penyiaran

Humas