Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yang harus dipenuhi oleh dosen selain pendidikan dan penelitian. Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan dalam rangka mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
Selasa, 6 September 2022, Tim Dosen PKM Prodi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak mengadakan kunjungan ke SMA Negeri 1 Segedong untuk memberikan Pelatihan Pembuatan Media pembelajaran dan Penulisan Jurnal Ilmiah dengan tema “ Penulisan Jurnal Ilmiah Sebagai Upaya pemenuhan Kredit Point untuk Kenaikan Pangkat Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas Berbasis media Pembelajaran”. Adapun pelaksanaan kegiatan pembuka dimulai dengan kata sambutan oleh ketua PKM, Bapak Dr. Muchtadi, M.Pd, kemudian dilanjutkan oleh kepala Sekolah SMA Negeri 1 Segedong, Bapak Yudi Hartadi, S.Sos, M.Pd.


Setelah itu, Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan inti yaitu penyampaian materi yang diarahkan oleh moderator Bapak Abdillah, M.Pd.I, kemudian nara sumber meliputi: Bapak Dr. Sandie, M.Pd pada materi Media Pembelajaran Offline, Ibu Nurmaningsih, M.Pd pada Materi Media Pembelajaran Online, Bapak Dr. Muchtadi, M.Pd Pada Materi PTK, dan Ibu Dwi Oktaviana, M.Pd Pada Materi Publikasi Ilmiah.
Selain penyampaian materi pelatihan, kegiatan PKM yang diikuti oleh 35 peserta dari guru-guru SMA N 1 Segedong ini juga diisi dengan workshop pembuatan media pembelajaran yang difokuskan pada penggunaan google slide sebagai media pembelajaran interaktif. Pada kesempatan ini juga, guru langsung dipandu untuk membuat akun pada Jurnal online, agar nantinya para guru tersebut dapat dengan mudah menerbitkan artikel Penelitian Tindakan Kelas yang telah mereka lakukan.
“Tentunya harapan kami bahwa kegiatan ini tidak cukup hanya sampai disini saja, perlu adanya tindak lanjut agar guru-guru tetap bersemangat untuk melakukan penelitian tindakan kelas dan menulis artikel ilmiah, bukan hanya sekedar untuk kenaikan pangkat, tapi lebih kepada perbaikan pembelajaran di dalam kelas.” pesan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Segedong saat menutup kegiatan PKM Prodi Pendidikan Matematika.

0

You may also like

Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) IKIP PGRI Pontianak melalui kerja sama dan implementasi program BKKBN Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan kegiatan pelayanan konseling keluarga dengan tema “Harmonisasi Dalam Keluarga”.
REKTOR IKIP PGRI PONTIANAK DAN BUPATI SAMBAS SEPAKATI PERJANJIAN KERJASAMA
Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Belmawa Kemdikbudristek secara daring.

Humas