Kegiatan PKM ini merupakan workshop pelatihan dengan judul “Pemanfaatan Media Pembelajaran Bagi Guru” kegiatan PKM ini dilaksanakan pada tanggal 23 September 2021 secara daring di IKIP PGRI Pontianak, mengingat status kecemasan akan virus corona yang belum sepenuhnya pulih dan himbauan dari pemerintah untuk tidak melakukan pertemuan dengan jumlah peserta yang banyak.

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat dibuka secara resmi oleh Bapak Ridho Dedy Arief Budiman selaku Ketua Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi IKIP PGRI Pontianak dan dihadiri oleh seluruh Dosen Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi. Kemudian dilanjut dengan sambutan oleh Bapak Ari Wibowo, M.Pd selaku Kepala SMK Putra Khatulistiwa Pontianak dan Bapak Erwin Kardiansyah selaku Kepala SMP Putra Khatulistiwa Pontianak.

Peserta kegiatan PKM ini terdiri dari Guru SMP dan SMK Putra Khatulistiwa Pontianak, dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer IKIP PGRI Pontianak, dengan jumlah total peserta 83 orang. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini berupa Pemaparan manfaat LMS bagi pembelajaran daring di Era New Normal dengan fokus bahasan mengenai Googgle Classroom yang di sampaikan oleh Bapak Danar Santoso, S.Kom.,M.Pd, yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai Pemanfaatan Media Pembelajaran oleh Ibu Winna Dharmayanti, S,Kom.,M.Pd. dan selanjutnya pelatihan dan pembuatan media Evaluasi dengan aplikasi Quiziz oleh Bapak Vindo Feladi, ST.,M.Pd.

Kegiatan seminar daring ini diperuntukan bagi guru SMP dan SMK Putra Khatulistiwa Pontianak. Kegiatan ini diikuti oleh 37 peserta. Peserta mengikuti kegiatan ini mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Kegiatan ini dibagi kedalam 2 sesi, sesi pertama adalah sosialisasi berupa pemaparan materi Penggunaan Google Classroom yang disampaikan oleh bapak danar Santoso, S.Kom, M.Pd.

Dalam kegiatan ini, diharapkan peserta mendapatkan ilmu baru mengenai cara membuat kelas dan mengelola kelas  yang dapat digunakan selama melaksanakan pembelajaran daring. Selain itu juga, pelatihan terbimbing membuat tugas atau quiz pada google classroom. 

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi berkolaborasi dan bekerja sama dengan SMK dan SMP Putra Khatulistiwa mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan serangkaian materi yang diharapkan dapat menyelaikan permasalahan pembelajaran yang ada di lingkungan SMP Putra Khatulistiwa Pontianak. Adapun narasumber beserta materi yang dibawakan selama pelaksanaan Pengabdian Masyarakat kali ini adalah dari Tim Dosen PKM Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi. Adapun materi yang disampaikan mengenai pemanfaatan media evaluasi bagi Guru SMP Putra Khatulistiwa Pontianak dengan menggunakan aplikasi Quizizz.

Menggunakan Quizizz memudahkan guru dalam memberikan kuis, asesmen, ulangan, dan review pembelajaran karena secara penskoran dilakukan secara otomatis. Kali ini, kita akan mempelajari bagaimana Quizizz dalam mendukung guru dalam pembelajaran jarak jauh.

Harapan Kepala SMP dan SMK Putra Khatulistiwa Pontianak di akhir pelatihan menyatakan bahwa, kegiatan ini perlu dilakukan secara berkala agar menumbuhkan motivasi kepada guru-guru dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran.

Harapan dilaksanakannya PKM ini sejalan dengan ungkapan ketua pelaksana yaitu Ibu Sri Koriaty, S.Kom.,M.Pd yaitu peserta dapat memanfaatkan fasilitas LMS dan menambah pengetahuan serta pemahaman mengenai pembelajaran daring di Era New Normal.

Kegiatan ini dimulai dengan menyampaikan surat kepada Kepala sekolah SMP dan SMK Putra Khatulistiwa Pontianak, yang di laksanakan pada tanggal 2 September 2021, dalam upaya mengatur jadwal pelaksanaan agar tidak menganggu jam pembelajaran di sekolah tersebut dan singkron dengan jadwal pelaksanaan webinar di IKIP PGRI Pontianak.

Ungkapakan terimaksih juga disampaikan oleh Kepala Sekolah SMP dan SMK Putra Khatulistiwa Pontianak mengenai terlaksananya PKM ini, semakin menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya inovasi – inovasi terbaru tentang pemanfaatan LMS sebagai bahan capaian keberhasilan di dunia pendidikan.

0

You may also like

Penandatanganan MoU antara IKIP PGRI Pontianak dengan LKP Sinka Education & Training Centre (SETC) dan MoA antara Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni dengan LKP Sinka Education & Training Centre (SETC).
Penandatangan MoU lanjutan kerjasama Antara Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang dengan IKIP PGRI Pontianak.
SEMINAR DAN PELATIHAN PENULISAN BUKU AJAR BAGI DOSEN FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI (FPBS) IKIP PGRI PONTIANAK

Humas