Kegiatan PKM ini berupa workshop pelatihan dengan judul “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Sekolah Menengah di Kabupaten Sambas”. Kegiatan ini dilaksanan di SMA Negeri 2 Sambas. PKM ini dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2021 dengan cara tatap muka.


Peserta kegiatan PKM ini adalah civitas akademika dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Matematika di Kabupaten Sambas yang berjumlah 47 orang. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini berupa pelatihan menggunakan metode ceramah oleh Bapak Hodiyanto, M.Pd, Bapak Dr. Muchtadi, M.Pd, dan Bapak Dr. Sandie, M.Pd sebagai narasumber dan disertai dengan tanya jawab. Ada pun kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua MGMP Matematika Kabupaten Sambas oleh Ibu Susanti, S.Pd dan moderator dari kegiatan tersebut adalah salah satu dari Guru Pendidikan Matematika di Kabupaten Sambas yakni Ibu Rima Novita Sari, S.Pd. Hal ini dilakukan dengan harapan agar para guru dapat menulis jurnal berdasarkan proposal penelitian agar karya mereka bisa diakui dan dibaca oleh banyak pembaca.

Kegiatan pelatihan workshop dimulai dengan menyampaikan surat kepada Ketua MGMP Pendidikan Matematika Kabupaten Sambas yang awalnya akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2021. Namun, karena pada saat itu Kabupaten Sambas masuk dalam kategori zona merah sehingga pelaksanaan kegiatan workshop bisa terlaksana pada tanggal 14 Agustus 2021 ketika Kabupaten Sambas masuk dalam kategori zona orange.

Kegiatan pelatihan penulisan proposal dan artikel pada sesi 1 dimulai dengan penyampaian materi terlebih dahulu oleh Bapak Hodiyanto, M.Pd mengenai cara menulis proposal penelitian dengan menggunakan sistematika yang ada. Sesi 2, Bapak Dr. Muchtadi, M.Pd memaparkan materi tentang sistematika penulisan proposal dengan menggunakan fitur-fitur yang terdapat pada Microsoft Words agar penulisan Daftar Isi dan Daftar Pustaka menjadi lebih mudah. Sesi 3, Bapak Dr. Sandie, M.Pd memaparkan materi tentang pentingnya penulisan artikel penelitian dan mengkonversi laporan penelitian menjadi artikel penelitian.

Harapan ketua MGMP Matematika di Kabupaten Sambas di akhir pelatihan menyatakan bahwa, kegiatan ini perlu dilakukan secara berkala agar motivasi guru-guru mata pelajaran matematika di Kabupaten Sambas dapat terus berkembang.

0

You may also like

Sinergitas SMK dengan Industri dan Dunia Kerja dalam Rangka Link and Supermatch dengan Penggunaan Sistem Informasi Bisa Kerja.
UPGRADING HIMPUNAN MAHASISWA TEKNOLOGI INFORMASI IKIP PGRI PONTIANAK TAHUN 2021
IKIP PGRI Menjalin Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Landak.

Humas