LPPM IKIP PGRI Pontianak menggelar kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Publikasi Di Jurnal Bereputasi pada Kamis, 14 Oktober 2021. Kegiatan berlangsung secara daring (zoom) dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Kepala LPPM IKIP PGRI Pontianak Dr. Saiful Bahri, M.Pd dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil publikasi ilmiah dosen IKIP PGRI Pontianak di jurnal nasional terakreditasi maupun internasional bereputasi.
Materi pelatihan disampaikan oleh dua narasumber yaitu Dr. Achmad Buchori, S.Pd., M.Pd tentang menyiapkan manuskrip penelitian pendidikan untuk publikasi pada jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi, dan Mega Novita, Ph.D tentang memilih jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi.
Dr. Achmad Buchori, S.Pd., M.Pd selaku Kepala Pusat Inkubator Bisnis dan Pengembangan Jurnal LPPM UPGRIS memaparkan bahwa suatu artikel ilmiah hendaknya memiliki perumusan masalah yang unik, terjamin originalitasnya, dapat memberikan sumbangan bagi khasanah ilmu pengetahuan dan terjaganya kemutakhiran peta state of the art. Beliau juga menambahkan 4 trik menyiapkan manuskrip penelitian pendidikan yang baik di antaranya membuat artikel yang memiliki novelty di bidang pendidikan, mengikuti template jurnal yang dituju dengan seksama, mengikuti posedur OJS secara baik dan benar, dan mengikuti revisi artikel secara cepat, benar dan tepat waktu.
Sementara Mega Novita, Ph.D memaparkan 2 poin/langkah penting dalam memilih jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi yaitu senantiasa melakukan pengecekan status akeditasi dan indeksasi di website. Kepala Pusat Sains dan Teknologi LPPM UPGRIS tersebut juga mengingatkan kepada para peserta agar waspada terhadap jurnal-jurnal predator.
Kegiatan ini diikuti oleh 52 peserta terdiri atas dosen dan guru baik dari IKIP PGRI Pontianak maupun dari luar IKIP PGRI Pontianak. Antusiasme peserta tampak dari keaktifan peserta dalam bertanya kepada kedua pemateri saat sesi tanya jawab. Di akhir acara, peserta mengikuti sesi coaching penulisan dan bedah artikel dibimbing oleh dua pemateri tersebut. Dari kegiatan ini diharapkan peserta dapat meningkatkan publikasi baik di jurnal nasional terakreditasi maupun internasional bereputasi demi mendukung ketercapaian publikasi sesuai dengan standar Kemenristekdikti..

0

You may also like

PKM melalui Pelatihan Penulisan Proposal PTK Bagi Guru Sekolah Menengah di Kabupaten Sambas.
Sinergitas SMK dengan Industri dan Dunia Kerja dalam Rangka Link and Supermatch dengan Penggunaan Sistem Informasi Bisa Kerja.
UPGRADING HIMPUNAN MAHASISWA TEKNOLOGI INFORMASI IKIP PGRI PONTIANAK TAHUN 2021

Humas