IKIP PGRI Pontianak dan BALITBANG Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan Focus Group Disscussion (FGD) dalam rangka penelitian pengembangan kebijakan untuk meningkatkan rata-rata lama sekolah RLS dan harapan lama sekolah (HLS) di Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 14 September 2021 secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting. Tujuan dari kegiatan ini adalah 1) menganalisis faktor-faktor penyebab rendahnya RLS dan HLS; 2) menganalisis kebijakan yang telah dilakukan untuk meningkatkan HLS dan RLS; 3) Merancang rekomendasi kebijakan untuk mengoptimalisasi dan meningkatkan HLS dan RLS di Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala LPPM IKIP PGRI Pontianak Bapak Dr. Saiful Bahri, M.Pd.

Kegiatan ini dihadiri oleh:
1. Tim peneliti IKIP PGRI Pontianak yang diketuai oleh Rektor yaitu Bapak Rustam, M.Pd. Kons
2. Kepala Bidang Sosial dan Pemerintahan BALITBANG Provinsi Kalbar Bapak Drs. Suyanto, M.Si.,
3. Kepala Disdikbud Provinsi Kalimantan Barat Bapak Drs. Sugeng Hariadi, M.M.
4. Kepala Bidang P2TK Disdikbud Kota Pontianak Bapak Paryono
5. Kepala Disdikbud Kabupaten Sambas Bapak Drs. H. Sabhan, M.Pd.
6. Kasi Kurikulum dan Penilaian Bapak Suparsito
6. Kasi Kurikulum dan Penilaian Disdikbud Kabupaten Sanggau Bapak Anrianus, M. Pd.
7. Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Kabupaten Kubu Raya Bapak Syarif Muhammad Firdaus , S.Pd, M.Pd

Seluruh peserta FGD sepakat bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi salah satu fokus, dimana hal ini menjadi penting karena akan berpengaruh pada tingkat pembangunan di suatu negara. RLS dan HLS adalah satu di antara tiga aspek yang menjadi faktor penentuan IPM ini. Kemudian stakeholder yang tergabung dalam FGD ini berkomitmen penuh untuk memajukan pendidikan melalui penuntasan permasalahan siswa putus sekolah. Kegiatan FGD ini diakhiri oleh perumusan rekomendasi kebijakan untuk meningkatkan HLS dan RLS di Kalimantan Barat.

0

You may also like

Kerja Sama antara KORMI dengan IKIP PGRI Pontianak mengadakan webinar Nasional dengan tema Optimalisasi Olahraga Masyarakat Melalui Pendidikan Jasmani Menuju Indonesia Bugar 2045.
Dialog Interaktif BEM SI Daerah Kalteng dan Kalbar dengan tema “Strategi Kepung Bakul Dalam Menangani Covid 19”
LAPORAN MONITORING DAN EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA TAHUN AKADEMIK 2019/2020

Humas