Perencanaan yang matang perlu dilakukan dalam setiap penyusunan RPS agar seluruh pembelajaran menjadi terstruktur dan jelas untuk mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misi yang sudah ditentukan oleh masing-masing program studi yang ada di IKIP PGRI Pontianak. Oleh karena itu, sebagai upaya meningkatkan kemampuan dosen sekaligus kualitas pendidikan di IKIP PGRI Pontianak, maka LPPG IKIP PGRI Pontianak bagian Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran mengadakan workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) bagi Dosen IKIP PGRI Pontianak.
“Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) bagi Dosen IKIP PGRI Pontianak” diselenggarakan selama 2 hari yaitu 18-19 Agustus 2021 dari pukul 08.00 – 12.00 WIB secara virtual melalui zoom meeting dan streaming youtube. Acara diawali dengan laporan panitia Nurmaningsih, M. Pd dan dilanjutkan dengan sambutan Rektor IKIP PGRI Pontianak, Bapak Rustam M. Pd. Kons.


Dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa workshop ini menjadi begitu penting dalam upaya kita mencapai indikator kinerja utama. “Luaran dari mata kuliah, terkait dengan apa yang bisa dilakukan oleh mahasiswa, dalam hal pengetahuan yang didapatkan maupun keterampilan berupa kreativitas yang bisa menjadi program unggulan masing-masing Prodi, tentunya harus dapat kita capai.” Tegas Beliau. Rektor IKIP PGRI Pontianak juga menambahkan perlu adanya kerjasama dari semua unsur di lingkungan IKIP PGRI Pontianak mulai dari unsur pimpinan sampai kepada Dosen-dosen untuk mewujudkan capaian pebelajaran yang diharapkan dan juga keunggulan-keunggulan yang dimiliki masing-masing prodi, agar dapat dijadikan sebagai Ikon IKIP PGRI Pontianak bahwa seluruh Prodi di IKIP PGRI Pontianak ini mempunyai program unggulan yang lahir dari tangan Bapak/Ibu dosen.


Pada Workshop ini, LPPG IKIP PGRI Pontianak mengundang Prof. Dr. Aunurrahman M.Pd yang merupakan Koordinator Kurikulum PPP LPPPM UNTAN sebagai Narasumber. Pada paparannya beliau menyampaikan bahwa penyusunan RPS bagi dosen adalah hal yang tentunya sudah biasa dilakukan, hanya saja terkadang masih ada kekurang sesuaian antara komponen yang ada pada RPS dengan isi yang seharusnya disusun oleh dosen. Oleh karena itu, review pembaharuan RPS di setiap semesternya merupakan hal penting yang harus dilakukan.
Kegiatan yang diikuti oleh seluruh dosen di IKIP PGRI Pontianak ini ditutup pada hari kedua dengan presentasi hasil RPS yang sudah disusun oleh dosen pada sesi kerja mandiri di hari pertama. Pada sesi presentasi ini juga dipilih 5 presentasi RPS terbaik dari seluruh RPS yang terkumpul. Ira Nofitasari, M. Pd dari Prodi P. Fisika, Tesa Manisa, M. Pd dari Prodi P. Biologi, Rina, M. Pd dari Prodi P. Geografi, Isnania Lestari, S. Kom., M. Pd dari Prodi P. TIK dan Galuh Hartinah dari Prodi BK adalah dosen-dosen terpilih berdasarkan penilaian narasumber dan Tim. Kegiatan ini berlangsung lancar dan mendapatkan kesan yang baik dari peserta maupun dari narasumber. “Bagus kegiatannya. Cukup serius temen-teman presentasi.” Ucap Prof. Aunurrahman, M. Pd kepada panitia seusai acara.

0

You may also like

DALAM RANGKA KERJASAMA PENELITIAN, IKIP PGRI PONTIANAK DAN BALITBANG PROVINSI KALBAR MELAKSANAKAN FGD UNTUK PENGEMBANGAN KEBIJAKAN DALAM RANGKA PENINGKATAN RLS DAN HLS DI PROVINSI KALIMANTAN BARAT
Kerja Sama antara KORMI dengan IKIP PGRI Pontianak mengadakan webinar Nasional dengan tema Optimalisasi Olahraga Masyarakat Melalui Pendidikan Jasmani Menuju Indonesia Bugar 2045.
Dialog Interaktif BEM SI Daerah Kalteng dan Kalbar dengan tema “Strategi Kepung Bakul Dalam Menangani Covid 19”

Humas