Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran rutin dilakukan yang untuk mengukur kinerja dosen pada setiap periode. Monev yang dilakukan pada periode ini terkait dengan pengukuran kinerja dosen dalam melaksanakan pendidikan dan
pengajaran yang dilakukan oleh dosen di kelas sebagai usaha untuk memenuhi capaian pembelajaran pada setiap mata kuliah. Pengukuran kinerja dosen dalam proses pendidikan dan pengajaran mencakup kegiatan perencanaan, pengendalian dalam proses
pembelajaran, dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang lakukan oleh dosen program Studi Pendidikan Fisika di kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada mahasiswa di kelas masing-masing dosen dan melihat hasil nilai akhir
melalui DPNA untuk mengetahui memenuhi capaian pembelajaran pada setiap mata kuliah. Instrumen angket disusun meliputi keandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsivencess), Kepastian (Assurance), Kepedulian (Empaty), dan Kecukupan (Tangible).
Tujuan pelaksanaan monev pelaksanaan pembelajaran ini adalah untuk mengukur ketercapaian pelaksanaan pembelajaran Program Studi Pendidikan Fisika.

Sasaran:
1. Menganalisis hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran di Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak yang potensial untuk dijadikan rujukan di dalam memperbaiki kualitas pembelajaran dan capaian pembelajaran..
2. Melaksanakan kegiatan yang paling prospektif sebagai tindak lanjut/follow up upaya perbaikan kinerja tahun akademik 2019/2020 serta dapat dikembangkan lebih lanjut pada tahap berikutnya.

Hasil dari monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran terbagi menjadi dua aspek, yaitu berupa penilaian terhadap kinerja dosen dalam pelaksaan pembelajaran dan nilai akhir mahasiswa. Berdasarkan hasil pengisian angket online yang diisi mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika sebanyak 159 responden yang mengisi diperoleh data kinerja dosen dalam pelaksanaan pembelajaran yang menunjukkan tingkat kepuasan mahasiswa.

Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa:
1. Kinerja dosen dapat dikatakan cukup baik menurut angket kepuasan mahasiswa
dengan persentase rata-rata 69,38%.
2. Capaian pembelajaran dikatakan tercapai dengan sangat baik menurut penilaian hasil
belajar yaitu dengan persentase sebesar 98%.

Berdasarkan hasil monev pelaksanaan pembelajaran terdapat beberapa hal yang kami
rekomendasikan yaitu:
1. Perlu dilakukan kegiatan pengembangan dosen untuk meningkatkan kinerja pada
bidang pembelajaran.
2. Perlu mengikuti trend perkembangan terkait pendidikan maupun keilmuan.
3. Selalu melakukan evaluasi guna peningkatan kualitas.

0

You may also like

PKM melalui Pelatihan Penulisan Proposal PTK Bagi Guru Sekolah Menengah di Kabupaten Sambas.
Sinergitas SMK dengan Industri dan Dunia Kerja dalam Rangka Link and Supermatch dengan Penggunaan Sistem Informasi Bisa Kerja.
UPGRADING HIMPUNAN MAHASISWA TEKNOLOGI INFORMASI IKIP PGRI PONTIANAK TAHUN 2021

Humas