Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LPPM) adalah
suatu unit kerja di IKIP PGRI Pontianak. Kegiatan utama Lembaga Penelitian
dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IKIP PGRI Pontianak adalah
melakukan dan mengkoordinasikan aktivitas penelitian dan pengabdian,
serta pengembangan kegiatan penelitian dan pengabdian guna mewujudkan
Tri Dharma Perguruan Tinggi. Penelitian dan pengabdian merupakan pilar
Tri Dharma perguruan tinggi yang memiliki peran sentral dalam upaya
mewujudkan visi dan misi IKIP PGRI Pontianak.
Pelaksanaan survey kepuasan mitra dilaksanakan untuk mengetahui
tingkat keberhasilan kinerja layanan di LPPM dan sebagai bahan untuk
menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik
selanjutnya. Secara umum kegiatan ini bertujuan untuk melakukan
penelusuran terhadap kepuasan pengguna terhadap pelayanan LPPM secara
khusus kegiatan ini bertujuan untuk:
1. Mengetahui kepuasan pengguna terhadap kegiatan Penelitian dan PKM
2. Mengetahui kelemahan atau kekuatan proses pelayanan LPPM
3. Mengukur secara berkala kualitas pelayanan dari sudut pandang mitra
terkait kualitas pelayanan yang dihasilkan seperti yang diharapkan oleh
pengguna
4. Sebagai bahan evaluasi dalam memperbaiki layanan dimasa yang akan
datang.

Adapun sasaran dalam pelaksanaan survey kepuasan ini adalah seluruh
mitra yang terlibat dalam kegiatan penelitian dan PKM dosen maupun
mahasiswa di lingkungan IKIP PGRI Pontianak. Sebagian responden dalam
survei kepuasan ini terdiri adalah mitra dari satuan pendidikan.

Berdasarkan Tabel 1. kepuasan mitra terhadap kegiatan penelitian
secara rata-rata dikatakan sangat baik yaitu dengan persentase 96.25%. hal
ini sejalan dengan beberapa respon dan harapan oleh mitra yaitu:
1. Lebih sering lagi datang, usahakan menjadi agenda rutin setiap semester.
2. Permasalahan yg diangkat dlm penelitian bisa bermanfaat bagi kedua
belah pihak.
3. Kedepan bisa dilksanakan kembali penelitian sejenis dengan topik yg up
to date misal seperti sekarang dimasa pandemi tentang Bagaimana
pelaksanaan Pembelajaran yg efektif.

Sedangkan Berdasarkan Tabel 2. kepuasan mitra terhadap kegiatan PKM secara rata-rata dikatakan sangat baik yaitu dengan persentase 94.17%. Adapun
beberapa respon dan harapan oleh mitra yaitu:
1. Semoga kegiatan PKM ini dapat berlanjut terus menerus, agar menambah
wawasan bagi guru dan siswa
2. Semoga kedepannya IKIP PGRI Pontianak akan menjadi prodi yang lebih
baik dan unggul.
3. Sangat baik sekali, memberikan motivasi bagi siswa untuk terus
semangat belajar, dan bersekolah. Moga kerjasama ini tetap terjaga..
4. Semoga dapat berkelanjutan.
5. Jika diijinkan mungkin bisa berbagi hasil atau semacam temuan² Dan
penyelesesaian masalah dalam bentuk laporan kepada mitra.

0

You may also like

DALAM RANGKA KERJASAMA PENELITIAN, IKIP PGRI PONTIANAK DAN BALITBANG PROVINSI KALBAR MELAKSANAKAN FGD UNTUK PENGEMBANGAN KEBIJAKAN DALAM RANGKA PENINGKATAN RLS DAN HLS DI PROVINSI KALIMANTAN BARAT
Kerja Sama antara KORMI dengan IKIP PGRI Pontianak mengadakan webinar Nasional dengan tema Optimalisasi Olahraga Masyarakat Melalui Pendidikan Jasmani Menuju Indonesia Bugar 2045.
Dialog Interaktif BEM SI Daerah Kalteng dan Kalbar dengan tema “Strategi Kepung Bakul Dalam Menangani Covid 19”

Humas