Visi dan Misi

IPad-icon-(72x72px)

VISI

“Terwujudnya IKIP PGRI Pontianak sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi yang Profesional di Tahun 2025″

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang profesional dan berkualitas untuk menciptakan calon pendidik dan tenaga kependidikan yang berdaya saing.
  2. Mengembangkan penelitian yang inovatif dan mutakhir sebagai landasan proses pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat sebagai wujud implementasi keilmuan bidang pendidikan dan profesi.
  4. Membina kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan mutu, relevansi dan daya saing dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Memberdayakan semua sumber daya yang dimiliki dengan memanfaatkan rekayasa teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

 

MAKNA VISI

Visi merupakan cita-cita masa depan yang diinginkan oleh suatu organisasi. Melalui pengetahuan, pemahaman dan penghayatan terhadap Visi diharapkan menumbuhkan motivasi dan komitmen segenap organisasi untuk mewujudkannya. Terwujudnya IKIP PGRI Pontianak sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi yang Profesional mempunyai makna bahwa kehadiran IKIP PGRI Pontianak di tengah masyarakat dapat memberikan dampak yang positif terhadap nilai-nilai pendidikan di masyarakat, sehingga akan terwujud  IKIP PGRI Pontianak berkomitmen terhadap peningkatan pendidikan dan nilai-nilai moral yang tercermin pada seluruh civitas academica dan lulusan yang berakhlak mulia, berilmu dan profesional. Kesamaan pengetahuan, pemahaman, penghayatan terhadap visi harus dimiliki oleh seluruh komponen IKIP PGRI Pontianak, yang meliputi dosen, mahasiswa, karyawan, pimpinan, serta IKIP PGRI Pontianak secara kelembagaan. Karakter masing- masing komponen adalah sebagai berikut:

  1. Dosen IKIP PGRI Pontianak adalah seorang ilmuwan yang cerdas, bekerja atas dasar kesadaran dan memiliki komitmen terhadap kesempurnaan;
  2. Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap bidang ilmu yang dipelajari, tahan uji, ulet, tangguh, disiplin serta mempunyai jati diri, karakter ataupun idealisme;
  3. Tenaga Kependidikan IKIP PGRI Pontianak sebagai pendukung kegiatan yang dilakukan oleh komponen-komponen lain harus amanah, cekatan, ramah dan profesional;
  4. Pimpinan IKIP PGRI Pontianak harus menjunjung sifat-sifat kepemimpinan yang profesional; dan
  5. Lembaga di lingkungan IKIP PGRI Pontianak harus mampu mendukung pelaksanaan tugas dan tanggungjawab dengan cara berperan aktif dalam menyelesaikan berbagai masalah. Peran aktif lembaga dalam pemecahan masalah dilakukan dengan mendasarkan pada keunggulan yang dimiliki IKIP PGRI Pontianak.