Makna Lambang dan Motto

 

 

IKIP-PGRI memiliki lambang yang terdiri dari berbagai unsur, dengan pengertian sebagai berikut:

  1. Bentuk lambang adalah segi lima garis lengkung membentuk lima sudut, melambangkan sila-sila dari Pancasila. Ini menunjukkan bahwa IKIP-PGRI mengandung misi kebangsaan.
  2. Tulisan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pontianak adalah penegasan identitas bahwa lambang ini adalah milik IKIP-PGRI Pontianak.
  3. Sayap kiri dan kanan masing-masing diri dari 5 helai bulu berwarna kuning melambangkan cita-cita setinggi angkasa di bidang pendidikan dengan dasar pancasila, membawa tunas muda harapan bangsa ke masa cerah dan menjadikan remaja yang mandiri, bertanggung jawab, dinamis, kreatif dan inovatif dalam menjalankan misinya.
  4. Tugu khatulistiwa menegaskan identitas keberadaan Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan di Pontianak.
  5. Bentuk obor berwarna kuning dan apinya menyala merah, melambangkan pancaran dan pencerahan tumpuan kehidupan dan perkembangan masyarakat, bangsa dan negara dengan semangat juang yang tinggi, tetapi didasari oleh kesucian hati, perdamaian, dan keadilan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam menghadapi tantangan dan perkembangan zaman.
  6. Buku bagian bawah warna putih dengan tulisan PGRI bewarna merah, melambangkan pengabdian yang dilandasi kesucian,cinta kasih, kemurnian dan keberanian bagi kepentingan rakyat.
  7. Warna dasar hijau melambangkan  kemakmuran generasi.

 

Motto IKIP PGRI Pontianak

MANTAB

(Mandiri, Amanah, Nalar, Tangguh, Adil, dan  Bermartabat)