PROFIL FAKULTAS

PENDIDIKAN OLAH RAGA DAN KESEHATAN

Cikal bakal keberadaan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan adalah dari penyelenggaraan program Diploma II Pendidikan Jasmani dan Kesehatan/DII Penjsakes pada tahun 2003. Selanjutnya seiring dengan kebutuhan masyarakat, pada Tahun 2007, Program Diploma II Pendidikan Jasmani dan Kesehatan tersebut ditingkatkan statusnya menjadi Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan rekreasi (Penjaskesrek). Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi berdiri pada tahun 2007 dengan ijin operasional Berdasarkan SK Pendirian 2072/D/T/2007, Tanggal 1 Agustus 2007 dan SK Izin Operasional No. 3467/d/t/K-XI/2009.

Seiring dengan perluasan mandat STKIP menjadi Institut, maka STKIP PGRI Pontianak menjadi IKIP PGRI Pontianak pada tanggal 27 Februari 2014. Perluasan mandat STKIP PGRI Pontianak menjadi IKIP PGRI Pontianak tersebut, mendorong program studi Penjaskesrek untuk berkembang lebih lanjut memenuhi tantangan zaman dan kebutuhan lembaga.

Dalam konteks peningkatan mutu, relevansi, daya saing Perguruan Tinggi dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya dunia olahraga, perlu meningkatkan dan memperluas status, peran dan fungsi penyelenggara pendidikan olahraga. Oleh karena itu, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Nomor 055/P/2014 tanggal 27 Februari 2014a tentang Ijin Perubahan Bentuk STKIP PGRI Pontianak menjadi IKIP PGRI Pontianak ¬†yang kemudian ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan Rektor …………………………. maka terbentuklah Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) dengan satu program studi yakni Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Penjaskesrek).